Scroll to Top

Makanan Diberi Tambahan Saus Mayonaise Apakah Sehat?

By C Novita / Published on Saturday, 18 Aug 2018

mayonaise

Belakangan di tanah air banyak merebak jenis jajanan dan makanan yang dilengkapi topping mayonaise. Mulai dari kentang goreng, berbagai burger, sosis bakar, salad, dan lainnya.

Mayonaise memang memberi tambahan rasa gurih dan sedikit manis, sehingga makanan akan terasa lezat. Bahan pembuat saus mayonaise adalah saus mustard, minyak, kuning telur, jus lemon dan cuka.

Karena bahan dasar pembuatnya tersebut, ahli gizi menyebut bahwa mayonaise sebenarnya tidak sehat. Ia akan menambah kalori serta lemak dalam tubuh, serta jadi media yang sempurna untuk perkembang biakan bakteri.

Dilansir laman Boldsky, per satu cangkir mayonaise ada kandungan 1440 kalori, 24 g lemak jenuh, dan 160 g lemak.

Pada mayonaise yakni untuk ukuran per 100 gr terdapat 20 gr kalium, 635 mg natrium, 1 g protein, 42 mg kolesterol, juga 1 persen vitamin A, vitamin B12, vitamin D dan zat besi.

Walau diklaim tidak sehat jika dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet, namun mayonaise sebenarnya aman saja jika hanya sedikit, dan digunakan sebagai pelengkap makanan. Orang Indonesia memakai topping mayonaise tidak dalam jumlah banyak sehingga tidak akan terlalu mengganggu kesehatan.

Jika terlalu banyak dan sering, konsumsi saus mayonaise dapat memicu penyakit jantung dan arteri koroner. Kandungan natriumnya memicu tekanan darah tinggi, demikian hasil studi peneliti dari University of Maryland Medical Center.

 

 

 

Komentar Anda