Scroll to Top

Seberapa Aman Seks untuk Penderita Jantung?

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Jan 2012

seks untuk penderita jantung

Aktivitas seks seperti halnya berolahraga. Gerakannya melibatkan reaksi otot yang berlebih. Tidak heran jika lantas keringat bercucuran dan badan terasa lemas karena mengeluarkan energi yang cukup besar. Detak jantung berdenyut semakin cepat. Kira-kira, bagi penderita jantung, seberapa aman aktivitas seks dalam memicu serangan jantung?

The American Heart Association menyatakan, seks tetap aman dilakukan bagi penderita gangguan jantung seperti penderita angina, gangguan detak jantung, dan penderita gangguan jantung ringan. Hanya saja para ahli mengingatkan, semua akan baik-baik saja selama keadaan penyakit masih bisa dikontrol. Oleh karena itu, penderita mesti secara rutin memeriksakan kondisi jantungnya ke dokter untuk memastikannya.

Dr.Glenn Levine dari Baylor College of Medicine mengatakan, seks yang dilakukan oleh pasien jantung memang bisa meningkatkan risiko serangan jantung tapi dengan potensi cukup rendah. Kira-kira berkisar kurang dari satu persen. Bagi orang yang pernah mengalami serangan jantung pun risiko sama rendahnya. Seks ibarat olahraga ringan bagi penderita yang tergolong kategori “aman” ini.

Berbeda halnya kalau penderita mengalami ketidakstabilan jantung, maka sebaiknya perlu waspada dalam melakukan seks. Bahkan, kalau perlu menghindarinya. Seks bisa memperparah kondisi jantung dan membahayakan nyawa.

“Jika sering timbul keluhan nyeri dada, sesak napas atau jantung berdebar-debar, sebaiknya aktivitas seks dihindari,” ujar Dr.Reene Pande, seorang dokter jantung.

Untuk itu, selalu berkonsultasi dengan dokter jantung itu perlu. Memastikan kestabilan jantung untuk beraktivitas seksual sangat diperluka bagi penderita gangguan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda