Scroll to Top

83% Gol ke Gawang Real Madrid Tahun Ini Berasal dari Sundulan Kepala

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 22 Jan 2012

Real Madrid menghadapi masalah pelik ketika menghadapi Athletic Bilbao esok dini hari. Bukan karena trauma pasca dibekap Barcelona. Los Blancos terbiasa bangkit setelah laga El Clasico.

puyol

Melainkan, karena lemahnya koordinasi lini belakang. Tercatat, 5 dari 6 gol yang bersarang ke gawang Iker Casillas berasal dari sundulan kepala. 2 terjadi saat melawan Malaga, 1 ketika menghadapi Granada, 1 saat menekuk Mallorca 1-2, dan satu lagi saat melawan Barcelona. Satu-satunya gol yang berasal dari tendangan lawan adalah tembakan Eric Abidal di El Clasico kemarin.

Yang lebih buruk, Real Madrid sudah 3 kali terbobol lewat heading pemain lawan menyambut sepak pojok. Dua di antaranya terjadi dalam duel menghadapi Malaga (menang 3-2). Satu sisanya, lahir dari sundulan terbang Carles Puyol saat Barcelona merontokkan mereka 1-2.

Satu gol lagi sebenarnya juga berasal dari tendangan sudut, yaitu gol Tomer Hemed (Real Mallorca). Namun, gol ini tidak langsung lahir dari sepak pojok. Pemain Mallorca sempat memainkan bola beberapa kali dari tendangan sudut sebelum mengirimkan umpan kepada Hemed untuk mengoyak gawang Casillas.

Repotnya, Athletic Bilbao memiliki rekor lumayan bagus untuk urusan gol dari heading Pasukan San Mames sukses mengoleksi 13 gol heading dari 45 total gol di seluruh kompetisi yang mereka ikuti musim ini (La Liga, Copa del Rey, Europa League).

Dari jumlah itu, Fernando Llorente, penyerang andalan mereka yang bertinggi 1,95 meter menjadi top skor urusan gol tandukan kepala. Llorente mengoleksi 4 gol dari heading. yaitu ke gawang Levante, Atletico Madrid, Mallorca, dan Espanyol).

Di bawah Llorente ada Amorebieta (1,92 meter), San Jose (1,86 meter) dam Aurtenetxe (1,86 cm) yang sudah mencetak 2 gol dari sundulan kepala.

Berikutnya, masih ada Javier Martinez (1,90 meter), Gaizka Toquero (1,82 meter) dan bahkan si mungil calon bintang dunia Iker Muniain (1,69 meter) yang sudah mengemas1 gol lewat heading.

Dari statistik sendiri, 5 gol yang bersarang lewat heading ke gawang Real Madrid tahun 2012 sendiri dibuat oleh pemain yang rata-rata tingginya lebih rendah daripada para pemain Athletic Bilbao. Sergio Sanchez dan Martin Demichelis, dua pembobol gawang Iker Casillas pertama kali tahun ini, bertinggi 1,85 dan 1,84 meter. Tomer Hemed, satu-satunya pencetak gol Mallorca ke gawang Los Blancos bertinggi 1,85 meter.

Sementara, Mikel Rico, pemain Granada yang menaklukkan Casillas dalam laga yang dimenangi Real Madrid 5-1, cuma bertinggi 1,82 meter. Terakhir, Carles Puyol dengan gol cantik memanfaatkan sepak pojok Xavi Hernandez, bertinggi 1,78 cm.

Menarik ditunggu, apakah Real Madrid kembali terbobol dari sundulan kepala? Ataukah Athletic Bilbao yang sengsara meski memiliki deretan pemain jangkung?

(SPORT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda