Scroll to Top

Alasan Ilmiah Nasi Harus Diaduk Usai Matang dari Rice Cooker

By C Novita / Published on Thursday, 06 Sep 2018

nasi

Jika Anda memasak nasi menggunakan rice cooker, maka biasakanlah untuk mengaduk nasi usai nasi matang. Hal ini bermanfaat untuk mencegah nasi menjadi mudah basi, juga rasanya lebih enak. Bukan sekedar isapan jempol, hal tersebut ternyata sudah diteliti oleh ilmuwan asli Indonesia.

Pada postingan seorang bernama Mikrajudin Abdullah di laman Facebook miliknya, ia menjelaskan mengapa nasi harus segera diaduk usai matang dari rice cooker.

Postingan tersebut ia beri judul “Fisika Nasi Dalam Rice Cooker”. Dalam penjelasannya, Mikrajudin mengatakan bahwa saat nasi matang dalam mesin penanak nasi listrik tersebut, masih terdapat partikel air yang terperangkap di bagian bawah nasi.

Sela-sela butir nasi dalam rice cooker akan jadi tempat partikel air tersimpan karena tak bisa menguap (proses difusi), membuat nasi keras jika tidak segera diaduk. Demikian pula ia akan memicu proses pembusukan berjalan lebih cepat.

Sebaliknya jika nasi diaduk-aduk, maka partikel air dapat menguap dengan merata, dan bentuk butiran nasi akan lebih baik. Kadar air dalam nasi pun berkurang, sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak mempercepat proses pembusukan.

Penjelasan dari Mikrajudin pun diposting ulang oleh @daniellsinaga di twitter kemudian menjadi viral. Dalam penjelasan tersebut Daniel Sinaga menyertakan rumus fisika untuk menerangkan mengapa nasi yang diaduk tidak mudah menjadi basi.

Walau tak semua orang paham tentang rumusan fisika dari hal sederhana tersebut, namun Anda bisa meniru dan mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari kebiasaan mengaduk nasi begitu matang dari rice cooker.

Dilansir laman okezone.com Kamis, (6/9), diungkap bahwa hasil penelusuran menunjukkan siapa Mikrajuddin Abdullah sebenarnya. Pria itu ternyata adalah seorang fisikawan Indonesia dan mengajar sebagai dosen di ITB.

Dirinya juga pernah menjadi Dosen Terbaik Tingkat Nasional pada 2010 dan ilmu keahliannya adalah Nanomaterial.

 

 

 

Komentar Anda