Scroll to Top

Wabah Hepatitis A Merebak, Segera Lakukan Ini

By C Novita / Published on Friday, 07 Sep 2018

hepatitis A

Kasus terjadinya penyakit hepatitis A sedang merebak di beberapa daerah tanah air, salah satunya adalah di Kabupaten Singkawang, Kalimantan Barat. Walau demikian pemerintah daerah setempat tetap menghimbau agar masyarakat tidak panik.

Penyakit tersebut bukan termasuk penyakit yang ganas dan berbahaya, bahkan jika kondisi tubuh penderita sangat prima, maka penyakit akan sembuh sendiri.

Hepatitis A disebabkan oleh virus, sehingga obat yang paling mujarab adalah beristirahat, gizi dan nutrisi cukup, juga pola hidup bersih dan sehat.

“Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena dia bisa sembuh sendiri,” ungkap Kepala Sub Direktorat Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, dr Ongky.

Dugaan sementara pemicu menyebarnya virus penyakit hepatitis A adalah konsumsi air minum isi ulang yang tidak higienis dan tak dimasak. Jadi Anda bisa menghentikan konsumsi air tersebut untuk sementara waktu jika mengalami gejala penyakit tersebut.

“Kita masih cari informasi yang benar sumber penularannya, kita masih mengumpulkan bukti masih kompilasi data yang lebih akurat,” tambah dr Ongky seperti dilansir laman republika.co.

Gejala yang kerap dikeluhkan adalah demam, pusing, lemas, dan mata serta kuku berwarna kuning pucat sehingga kerap disebut penyakit kuning. Kadang disertai diare, mual, warna urine menjadi gelap. Anda bisa minum obat pusing serta suplemen vitamin untuk menambah daya tahan tubuh. Selain itu dianjurkan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat agar stamina kembali kuat.

Selain itu, Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan. Membersihkan alat makan dan minum dengan benar, hindari rokok, dan rajin berolahraga adalah anjuran lainnya.

Waktu pemulihan bisa mencapai dua pekan, sehingga Anda harus benar-benar beristirahat. Hindari percampuran alat makan dan peralatan pribadi lainnya agar hepatitis A tidak makin menyebar.

 

 

Komentar Anda