Scroll to Top

Eksim Kulit Menyiksa, Ini 3 Cara Atasi Secara Alami

By C Novita / Published on Monday, 10 Sep 2018

eksim

Masalah kulit eksim atopik yang umum disebut eksim, akan membuat kulit terasa sangat gatal hingga lama kelamaan menjadi perih. Hal itu menggangu kehidupan sehari-hari bahkan disaat sedang tidur sekalipun.

Gejala lain yang dapat muncul saat Anda mengalami eksim adalah ruam kemerahan di permukaan kulit, biasanya daerah siku tangan dan belakang lutut. Kulit akan terlihat kering, pecah-pecah bersisik, kadang disertai adanya penebalan. Bila digaruk, kulit mudah lecet terluka dan berair.

Ada beberapa cara yang dapat Anda usahakan untuk mengatasi eksim secara alami. Dilansir laman Express, salah satu cara yang mudah dan aman adalah dengan memakai pelembab kulit untuk membuat kulit tidak terlalu kering.

Cara lain adalah menggunakan minyak kelapa di permukaan kulit yang sakit. Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) diyakini bersifat antibakteri dan antijamur sehingga efektif bekerja menekan pertumbuhan kedua mikroorganisme tersebut.

Minyak kelapa juga dapat berfungsi sebagai pelembab kulit yang kering akibat eksim, dan lebih baik dibanding hanya memakai pelembab kulit biasa.

“Minyak kelapa dikenal manfaat kesehatannya, minyak ini akan menyerap ke dalam kulit dan menambah kelembapan,” ungkap Holland and Barret.

Cara alami lain adalah memakai madu, yang juga diketahui kaya kandungan bahan bermanfaat untuk kesehatan. Anda tak hanya perlu meminum madu dengan teratur, namun juga bisa mengoleskannya ke permukaan eksim karena terdapat sifat antibakteri pada madu. Lebih-lebih pada bagian propolis madu.

Cara ketiga, adalah menggunakan bakteri sehat. Anda dianjurkan meminum minuman yang mengandung bakteri baik agar kondisi usus menjadi lebih baik dengan berkurangnya mikroorganisme jahat.

Apabila tubuh dominan dengan bakteri baik, maka gangguan kesehatan yang dipicu oleh jamur atau bakteri jahat dapat berkurang. Konsumsi yogurt yang penuh bakteri baik adalah salah satu contohnya.

Tentu Anda juga bisa tetap melanjutkan pengobatan dari dokter yang akan memberi krim atau salep dengan zat kortikosteroid topikal untuk melawan eksim.

 

 

Komentar Anda