Scroll to Top

Tindik Lidah, Tren Gaul yang Berisiko untuk Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Jan 2012

Adakah di antara Anda yang melakukan tindik di lidah? Konon jenis tindik ini menjadi tren anak mudah gaul zaman sekarang. Bisa jadi tren itu muncul dari meniru tindakan para artis yang kerap menghiasi tayangan di media massa.

tindik lidah

Tahukah Anda? Tindik di lidah mengundang berbagai risiko yang bisa merugikan bagi tubuh. Sebagian risiko tersebut bahkan cukup membahayakan jika positif diderita. Inilah risiko kerugian akibat tindik lidah.

  • Menyebabkan perdarahan dan bengkak. Lidah memiliki banyak sekali pembuluh darah. Kalau saja ada beberapa pembuluh darah luka karena tusukan jarum, berakibat terjadinya perdarahan. Belum selesai sampai di situ, ada risiko pembengkakan pada lidah yang membuat saluran nafas terganggu. Efeknya, bernafas jadi lebih sulit.
  • Tindikan yang terpasang memicu keretakan gigi. Sekali pun gigi yang terawat biasanya cukup kuat, namun proses gesekan dengan tindikan bisa membuat gigi retak. Apalagi, itu terjadi hampir sepanjang hari.
  • Memicu terjadinya angina ludwig dan endokarditis. Penyebabnya adalah bakteri yang turut masuk melalui lubang di tindikan. Pada angina ludwig, bakteri streptokokus menginfeksi lapisan dalam mulut yang menyebabkan infeksi akut, Akibatnya, nafas terasa sesak karena pembengkakan di saluran nafas. Sementara pada endokarditis, terjadi peradangan di katup jantung yang bisa menimbulkan gangguan jantung.
  • Memudahkan kuman masuk ke tubuh. Lubang tindikan menjadi jalan masuk bagi kuman, baik dalam bentuk bakteri dan virus. Kuman leluasa tersebar ke pembuluh darah dan menginfeksi bagian yang diinginkannya. Perlu diwaspadai, pembuluh darah di lidah sangat dekat dengan jantung dan saling terhubung. Kalau kuman sampai menginfeksi jantung maka sangat berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda