Scroll to Top

Lebih Baik Mana, Gula Warna Putih Bersih Atau Warna Kuning?

By C Novita / Published on Thursday, 20 Sep 2018

gula-gula

Jika Anda perhatikan perbedaan warna gula pasir yang ada di pasaran, maka tampak ada jenis gula yang warnanya sangat putih bersih serta jenis gula yang berwarna kekuningan dan agak kusam. Manakah dari kedua jenis itu yang paling baik bagi kesehatan?

Menurut seorang Spesialis Gizi Klinik, dr Diana, kedua jenis gula itu sama-sama aman dikonsumsi dalam arti tidak membahayakan kesehatan jika masih dalam jumlah normal.

Perbedaan ada pada proses pengolahan gula. Gula yang berwarna putih bersih mengalami proses lebih panjang dengan bahan kimia yang membuat warnanya lebih baik dibanding sebelumnya.

Sementara gula dengan warna yang kekuningan, prosesnya pendek sebelum langsung dikemas dan dipasarkan pada konsumen. Jadi gula pasir ini tak terlalu banyak terkena bahan kimia.

Untuk rasa manis dan kandungan gulanya, menurut dr Diana, gula yang berwarna lebih putih cenderung kurang manis ketimbang gula warna kusam. Jadi bila Anda memakai kedua gula dengan takaran sama untuk membuat secangkir teh, maka rasa dari gula putih akan kurang terasa dibanding gula lainnya. Orang akan cenderung menambah takaran gula putih saat membuat secangkir teh.

“Gula putih bersih adalah gula yang telah melewati proses kimia agar menciptakan warna yang lebih putih dan bersih. Namun, proses tersebut membuat rasa manis dari gula tersebut menjadi berkurang ketimbang gula kuning alami,” kata dia seperti dilansir laman Okezone, Selasa (18/9/2018).

Akibatnya, kandungan gula yang masuk dalam tubuh Anda lebih banyak. Ini kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Dr Diana lebih menyarankan untuk memakai gula dengan warna kusam, karena proses kimia yang dilewatinya lebih sedikit. Selain itu, dengan jumlah takaran yang sedikit saja sudah terasa manis sehingga Anda tak perlu memasukkan banyak gula ke dalam tubuh.

 

 

 

 

Komentar Anda