Scroll to Top

Waspada Jika Darah Haid Hanya Sedikit, Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini

By C Novita / Published on Friday, 21 Sep 2018

siklus haid

Jumlah darah haid yang tiba-tiba menjadi terlalu sedikit perlu Anda waspadai. Apalagi jika sebelumnya jumlah darah haid normal dan tidak bermasalah.

Ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi apabila perubahan kuantitas darah haid Anda alami. Dilansir laman Boldsky, haid yang tidak lancar dan berjumlah sedikit bisa jadi akibat dari stres dan gaya hidup tidak sehat.

Selain itu, bisa juga akibat adanya penyakit yang sedang Anda alami. Apa saja jenis penyakit yang menyebabkan jumlah darah haid menjadi sedikit atau tak lancar, berikut informasinya:

Penyebab darah haid berkurang

Umumnya jumlah darah haid wanita dewasa per periode menstruasi adalah sebanyak 30-50 ml. Jika jumlahnya kurang dari 30 ml, kondisi itu disebut hypomenorrhea.

Anda bisa mengamati jumlah darah yang sedikit itu dari jumlah pemakaian pembalut saat sedang haid. Bandingkan dengan umumnya sebelum Anda mengalami haid dalam jumlah sedikit.

Jumlah hari saat menstruasi pun bisa jadi perbandingan. Jika kurang dari 3 hari dan penggunaan pembalut hanya sedikit, bisa jadi memang Anda sedang mengalami hypomenorrhea.

Haid sedikit dan tak lancar apakah berbahaya?

Jika seorang wanita mengalami hypomenorrhea dalam waktu lama, maka tentu akan ada bahayanya. Penyebab dari hal tersebut adalah ketidakseimbangan hormon, sehingga makin lama gangguan akan makin serius.

Risiko yang dapat terjadi jika masalah itu dibiarkan terus adalah kenaikan berat badan atau obesitas, infertilitas (ketidaksuburan), dan jika parah akan menjadi kanker ovarium.

Sedikitnya jumlah haid menunjukkan fakta bahwa lapisan uterus tipis. Padahal normalnya rahim akan membentuk dinding rahim yang tebal dan ternutrisi dengan baik. Itu adalah siklus reproduksi normal untuk mempersiapkan kehamilan, sehingga dinding rahim menebal dan sirkulasi oksigen lancar.

Masalah menstruasi juga bisa disebabkan oleh tanda awal dari munculnya kanker ovarium.

 

 

 

 

Komentar Anda