Scroll to Top

Cintai Usus dengan Banyak Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

By C Novita / Published on Saturday, 22 Sep 2018

usus

Kesehatan usus sangat menentukan kondisi kesehatan tubuh secara umum, juga sistem kekebalan tubuh. Jika usus sehat, sistem kekebalan tubuh kuat, maka penyakit pun akan jarang datang.

Tentu ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menunjang kesehatan usus, salah satunya dengan memilih asupan makanan yang disukai oleh organ pencernaan tersebut.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat menyehatkan usus dan menjauhkannya dari masalah pencernaan, seperti dilansir oleh laman Reader Digest:

Asparagus

Tanaman ini mempunyai kandungan serat prebiotik yang menguntungkan bakteri baik di dalam usus. “Prebiotik dalam makanan berserat tinggi lainnya berbeda dari probiotik, yang merupakan bakteri itu sendiri,” ucap¬†Mike Roussell, PhD, ahli di Neuro Coffee.

Bluberi

Buah bluberi sangat tinggi kandungan antioksidan jenis anthocyanin yang baik bagi bakteri pencernaan. Selain bluberi, buah delima dan buah bit pun memberikan manfaat yang sama.

Alpukat

Buah alpukat tak hanya enak, namun menunjang kesehatan usus pula. Alpukat akan meningkatkan jumlah butirat atau asam lemak sehat pada usus yang berfungsi menjauhkan peradangan.

Bawang

Jenis bawang merah, bawang putih, juga daun bawang adalah sumber utama prebiotik. Efek positifnya besar bagi kesehatan usus Anda. Seratnya adalah makanan bagi bakteri baik, dan menyehatkan pencernaan.

Ubi jalar

Ubi jalar yang kerap diremehkan ternyata baik sekali bagi kesehatan usus. Utamanya adalah jenis ubi ungu yang berserat sehat dan jadi makanan bakteri baik. Bakteri baik akan bekerja melawan bakteri jahat, dan mereka juga butuh energi untuk bekerja.

Walau tak terlihat, usus sebagai organ pencernaan pun sangat penting dirawat dan dijaga ya.

 

 

 

 

Komentar Anda