Scroll to Top

Sering Minum Teh Saat Pagi Dapat Picu 5 Masalah Kesehatan

By C Novita / Published on Saturday, 22 Sep 2018

Teh-hitam-640x359

Kebiasaan minum teh di pagi hari ternyata kurang sehat, apalagi jika kondisi perut masih kosong belum terisi makanan lain. Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh beberapa ahli kesehatan yang dilansir oleh laman Times of India, Jumat (21/9/2018).

Kandungan zat pada minuman teh disebut kurang menguntungkan bagi tubuh terutama saat Anda belum sarapan makanan lain. Apa saja masalah kesehatan yang bisa terjadi jika sering minum teh di pagi hari? Berikut informasinya:

Metabolisme terganggu

Kandungan zat pada minuman teh dapat menggangu kerja sistem metabolisme Anda. Alhasil akan timbul gejala tak nyaman seperti anxiety (kegelisahan), kram perut, mual, dan lainnya.

Dehidrasi

Teh juga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, karena sifatnya yang diuretik atau merangsang pengeluaran urine. Usai minum teh Anda akan lebih sering buang air kecil, sehingga tubuh bisa mengalami kekurangan cairan/dehidrasi.

Kesehatan mulut terganggu

Minum teh manis juga dapat memperburuk kesehatan mulut, sebab kandungan gulanya yang tinggi. Gula ini akan membuat pH mulut jadi lebih asam, dan berpengaruh pada lapisan enamel gigi yang mudah keropos. Warna gigi juga lebih kusam dan kuning jika sering minum teh.

Kembung

Perut jadi lebih mudah kembung usai minum teh manis di pagi hari, saat perut masih kosong. Produksi gas di dalam pencernaan lebih banyak sehingga Anda akan merasa begah.

Mual

Asam lambung yang belum menerima asupan makanan lain, akan lebih banyak diproduksi jika bercampur dengan zat dalam teh. Salah satu zat dalam teh yang memicunya adalah kafein.

Minum teh lebih disarankan dilakukan pada sore hari, bersama dengan camilan dan makanan kecil lainnya.

 

 

 

 

Komentar Anda