Scroll to Top

Produsen Mobil Mulai Tinggalkan Rem Tangan Manual

By C Novita / Published on Saturday, 22 Sep 2018

rem elektrik

Penggunaan rem tangan manual perlahan akan digantikan dengan rem tangan elektrik oleh produsen kendaraan roda empat. Hal itu tak dapat dihindari seiring dengan makin majunya teknologi yang terjadi saat ini.

Faktanya, penelitian marketplace otomotif CarGurus yang dilakukan pada 32 pabrikan menunjukkan setidaknya saat ini tersisa hanya 37 persen saja kendaraan roda empat baru di Inggris yang masih menggunakan rem manual.

Dua dari produsen yang masih memproduksi mobil dengan rem tangan manual itu adalah Dacia dan Suzuki.

Sementara itu pabrikan dengan model Audi, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mercedes dan Porsche telah meninggalkan teknologi rem tangan manual.

Rem elektrik menurut sejumlah praktisi lebih baik sebab hanya menggunakan saklar untuk menggerakkan sepasang motor kecil untuk menarik rem belakang.

Itu berbeda dengan cara kerja rem tangan konvensional, yakni pengemudi menarik tuas dengan tenaganya.

“Ini resmi, kepunahan rem tangan akan datang karena produsen beralih ke rem parkir elektrik dalam jumlah besar,” jelas editor CarGurus UK, Chris Knapman seperti dilansir Carscoops, Rabu (19/9).

Rem elektrik juga akan otomatis terbuka saat pedal gas diinjak, sehingga pengemudi tak perlu menarik tuas rem. Fitur lainnya adalah ada tambahan “automatic hill-hold” untuk memberi kemudahan di jalan menanjak.

Tentu rem tangan manual masih dipakai dan diproduksi untuk jenis kendaraan tertentu, karena sebagian kalangan masih menyukai jenis rem seperti ini.

 

 

Komentar Anda