Scroll to Top

Bus Sekolah Tanpa Supir Telah Dioperasikan di Kota Ini

By C Novita / Published on Monday, 24 Sep 2018

012711700_1537766771-bus_nirsopir

Bus sekolah tanpa supir atau teknologi autonomous telah dioperasikan di Kota Babcock Ranch, Florida, AS. Kota tersebut sebelumnya telah menerapkan berbagai teknologi yang menggunakan tenaga surya, untuk kelestarian lingkungan.

Pembuatan bus sekolah nir supir tersebut adalah hasil kerja sama antara pemerintah kota dan Transdev. Kendaraan tersebut memiliki daya tampung hingga 12 orang anak, atau termasuk kategori bus mini.

Dilansir dari laman curbed, Senin (24/9/2018) jalur bus tersebut telah ditentukan dan dimasukkan dalam program bus, sehingga tak akan keluar jalur. Nantinya kendaraan tanpa supir tersebut hanya melintas di jalan yang telah ditentukan sampai ke depan gerbang sekolah.

Program bus sekolah tanpa supir ini masih menjadi percontohan dan dikontrol ketat pada pelaksanaannya, sehingga banyak yang meragukan teknologi baru tersebut apakah efektif atau tidak.

Akan tetapi perusahaan Transdev memastikan keamanan bus tersebut untuk anak-anak, sebab kecepatan maksimal bus hanya sekira 13 km/jam saja.

Di Indonesia, perusahaan telekomunikasi terkemuka Telkomsel pernah memboyong kendaraan tanpa pengemudi Autonomous Electric Vehicle ke arena Asian Games 2018.

Kendaraan itu dipamerkan untuk menunjukkan kemampuan teknologi 5G Telkomsel yang telah mampu mendukung operasional bus listrik nirsopir.

Walau begitu, entah kapan kendaraan jenis ini bisa benar-benar dioperasikan di jalanan umum tanah air. Bisa jadi butuh waktu yang sangat lama apalagi kondisi jalanan tanah air sangat tidak bisa diprediksi.

 

 

 

Komentar Anda