Scroll to Top

Tips Sirnakan Bau Amis dan Bau Lumpur Pada Ikan

By C Novita / Published on Tuesday, 25 Sep 2018

ikan mujaer

Jenis ikan air tawar memiliki aroma yang khas yakni seperti bau lumpur dan amis, sebab habitat hidupnya memang di sungai, kali dan danau berlumpur. Walau demikian, aroma tersebut bisa dihilangkan dengan mudah sehingga tak akan merusak cita rasa masakan yang Anda buat.

Rahasia menghilangkan aroma lumpur dan amis pada ikan air tawar dapat Anda lakukan pada saat pengolahan. Misalnya pada ikan gabus, ikan mujaer , nila atau ikan mas, sangat mudah untuk membuat jenis ikan itu lezat dan tak berbau amis lagi.

Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan agar bau lumpur dan amisnya ikan air tawar hilang dengan mudah:

Pertama

Bersihkan sisik ikan hingga bersih, juga insang serta isi perutnya jangan ada yang tersisa. Ini adalah bagian yang menimbulkan aroma kurang sedap. Cuci ikan dengan air mengalir, sehingga semua kotoran hilang dan tertinggal sedikitpun.

Kedua

Iris bagian sisi kanan dan kiri ikan, sehingga bumbu dapat meresap hingga ke dalam daging dan menghilangkan bau amisnya.

Ketiga

Lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis serta taburan garam dapur, hingga bagian dalam perut dan irisan pada badannya. Diamkan selama 10 menit.

Keempat

Cuci kembali dengan air mengalir agar air jeruk nipis dan garam yang ada hilang dan ikan bersih.

Setelah itu ikan siap diolah menjadi masakan lezat. Gunakan bumbu rempah yang disukai, serta biarkan bumbu meresap pada saat dimasak. Bumbu yang dapat membantu hilangkan bau lumpur adalah kunyit, jahe dan sereh serta lainnya.

 

 

 

Komentar Anda