Scroll to Top

Liga 1 2018 Dihentikan PSSI Sementara Usai Meninggalnya Haringga

By vratislav / Published on Tuesday, 25 Sep 2018

Hasil Liga 1 2018 Persib vs Persija Skor 3-2, Gol Telat Malisic

Liga 1 2018 dihentikan oleh PSSI sementara waktu usai meninggalnya Haringga Sirla pada Minggu (23/9/2018) lalu. Keputusan penundaan kompetisi ini diumumkan oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (25/9).

“(PSSI akan) menghentikan sementara Liga 1 senior dalam pertandingan putaran kedua di 18 klub. Untuk batas waktunya belum ditentukan, saya tidak bisa menentukan waktunya,” ungkap Edy dikutip CNN Indonesia.

Gelombang ide agar kompetisi sepakbola dibekukan sementara waktu terus bergulir setelah meninggalnya Haringga Sirla di areal parkir Gelora Bandung Lautan Api sebelum laga Persib kontra Persija pada Minggu (23/9) lalu. Haringga meninggal setelah dikeroyok oknum pendukung Persib.

Sebelum PSSI memutuskan untuk menghentikan sementara Liga 1 2018, sudah ada ucapan Menpora Imam Nahrawi, yang mendesak hal yang sama. Menurut Imam, langkah menunda kompetisi adalah ekspresi duka cita dan introspeksi bagi insan sepakbola nasional.

“BOPI [Badan Olahraga Profesional Indonesia] sudah lakukan pertemuan, pemerintah meminta liga sepak bola berhenti sementara selama dua pekan. Ini sebagai bentuk bela sungkawa nasional, dan ini momentum introspeksi, bahwa satu nyawa sangat mahal dibanding dengan sepak bola,” kata Imam.

Sementara itu, Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) mengeluarkan pernyataan tegas sejumlah enam poin, yang pada intinya menolak untuk berlaga hingga terjadi nota damai seluruh suporter tim Liga 1 dan Liga 2.

“Meminta kepada seluruh suporter Tim Liga 1 khususnya dan Tim Liga 2 untuk membuat nota damai atau kesepakatan bersama untuk memastikan insiden ini tidak terulang kembali karena sepak bola Indonesia akan terancam jika insiden ini kembali berulang,” demikian rilis APPI dikutip CNN Indonesia.

Meninggalnya Haringga Sirla adalah noda hitam lain dari kerusuhan antarsuporter yang kerap berulang di sepakbola Indonesia. Berdasarkan data Save Our Soccer (SOS) Haringga adalah suporter ke-70 yang meninggal. Sebelumnya ada 69 kasus kematian suporter sejak 1995 dengan berbagai alasan, 21 di antaranya karena pengeroyokan.

Komentar Anda