Scroll to Top

Meksiko: Juara Piala Emas 2011

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 28 Jun 2011

Piala Emas 2011 telah berakhir dengan keberhasilan Meksiko menjadi juara untuk keenam kalinya. Secara keseluruhan, wajar saja jika tim Sombrero memenangkan piala ini. Dalam enam pertandingan di babak final turnamen ini, Meksiko tercatat selalu menang 100%, tidak pernah seri, dan ttidak pernah kalah.

Perjalanan Meksiko dimulai di Grup A. Menghadapi lawan-lawan seperti Kosta Rika, Kuba, dan El Salvador yang setingkat-dua tingkat di bawah mereka, jelas bukan halangan. Meksiko pertama kali menggasak El Salvador 5-0. Kemenangan ini ditandai dengan hattrick (dengan satu penalti) pemain masa depan mereka, Javier Chicharito Hernandez.

Dalam dua laga berikutnya, tim sombrero juga menang mudah. Mereka menekuk Kuba 5-0 dan mengandaskan Kosta Rika, satu-satunya yang mungkin bisa memberi kejutan saat menghadapi Meksiko do Grup B, dengan skor 4-1.

Pada babak perempat final, Meksiko lagi-lagi tampil digdaya. Meskipun cuma menang tipis 2-1 atas Guatemala (peringkat ketiga Grup B), mereka mampu melenggang ke semifinal dengan cukup mulus. Di semifinal, timnas yang kostumnya hijau-putih ini menggasak Honduras, tim yang dinaungi Emilio Izaguirre, dengan skor 2-0.

Tak ayal lagi, final Piala Emas kali ini kembali mempertemukan Meksiko dengan Amerika Serikat. Untuk kesekian kalinya pula timnas AS mesti kalah. Kali ini dengan skor 2-4.

Gelar juara Meksiko semakin lengkap ketika Javier Chicharito Hernandez dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen sekaligus top skorer dengan 7 gol. Meksiko sendiri juga meraih Fair Play Award. Satu-satunya gelar yang tidak didapatkan pemain Meksiko hanyalah penjaga gawang terbaik, yang jatuh pada Noel Valladares dari Honduras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda