Scroll to Top

Kronologi Hengkangnya Cristiano Ronaldo dari Madrid ke Juventus

By vratislav / Published on Monday, 01 Oct 2018

Kronologi Hengkangnya Cristiano Ronaldo ke Juventus

Kronologi kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus bukanlah sesuatu yang datang tiba-tiba. CR7 sudah mempertimbangkan pindah ke klub lain setelah kasus pajaknya berlarut-larut. AC Milan bahkan sempat menawarkan uang 150 juta Euro kepada Madrid untuk melepaskan sang pemain.

Harian Spanyol El Mundo melaporkan, ada dua faktor kunci yang menyebabkan Ronaldo sadar, tempatnya bukan di Real Madrid. Yang pertama adalah masalah pajak dengan pihak berwajib di Spanyol, sedangkan yang kedua adalah perselihan kontrak dengan Madrid, ketika Ronaldo merasa tidak dihargai sebesar Lionel Messi di Barcelona.

El Mundo mengklaim, pertemuan Ronaldo dengan sang agen Jorge Mendes pada 11 Mei 2017 adalah awal dari akhir masanya di Bernabeu. Dalam pertemuan itu, Ronaldo meradang soal ancaman penjara yang bakal menimpanya. Ia menyatakan, ingin semuanya serbaberes sehingga “saya selalu membayar penasihat pajak dengan tambahan 30% karena saya tidak ingin ada masalah “.

Dalam keadaan demikian, Real Madrid tidak mengeluarkan bantuan sedikitpun kepada Cristiano Ronaldo. Dia merasa sendiri terkait urusan ini. Ronaldo sebenarnya berharap Madrid mau membayar denda pajaknya, seperti yang dilakukan Barcelona kepada Lionel Messi. Namun, langkah itu ternyata tidak dilakukan Florentino Perez.

Selain itu, muncullah berita bahwa Lionel Messi telah menandatangani kontrak baru yang membuatnya jadi pemain bergaji termahal di dunia. Pada saat bersamaan, PSG membeli Neymar dengan biaya 222 juta Euro, dan menjadikan bayaran sang pemain internasional Brasil juga melebihi Ronaldo.

Di saat itulah, ada kesepakatan antara Madrid dan Ronaldo, bahwa akan ada kontrak baru, dengan kenaikan dari 21 juta Euro menjadi 25 juta Euro. Padahal harapan Ronaldo adalah, gajinya naik sampai 30 juta Euro.

Dalam kondisi Ronaldo sudah sakit hati dengan Madrid, Florentino Perez malah menambahkan api. Dia berkata kepada Mendes, “Jika Anda bisa mengamankan klub pembeli yang siap untuk membayar 100 juta euro, Cristiano bebas untuk pergi”.

AC Milan adalah klub pertama yang merespon dengan “Rossoneri” yang menawarkan 150 juta euro bersih kepada Ronaldo, dengan kontrak selama lima tahun. Tawaran ini ditolak Ronaldo, tetapi dia semakin paham musim 2017/2018 adalah musim terakhirnya bersama Real Madrid.
Ronaldo, yang semakin sakit hati kemudian sering menyampaikan keluhannya di ruang ganti Real Madrid. Pelatih Los Blancos saat itu Zinedine Zidane sampai perlu mengontak Florentino Perez, berharap masalah ini bisa diselesaikan.

Tapi, setelah perempat final Liga Champions 2017/2018, saat fans Juventus bertepuk tangan atas gol indah Cristiano Ronaldo ke gawang mereka, Jorge Mendes membuka pintu negosiasi dengan Juventus. PSG masuk saat itu juga tetapi waktu yang mereka minta terlalu lama.

Akhir cerita, Cristiano tertarik ke Italia dan juga yakin dengan proposal yang diajukan oleh raksasa Serie A tersebut. Jadilah Ronado yang memilih Turin sebagai tujuan berikutnya, setelah ia menaklukkan Lisbon, Manchester, dan Madrid.

Komentar Anda