Scroll to Top

Di Belanda, Banyak Pup Anjing Berserakan di Tempat Umum

By Ilham Choirul / Published on Monday, 23 Jan 2012

Meski Belanda punya aneka berbagai destinasi yang menarik, namun saat ini punya permasalahan estetika yang terbilang unik. Pasalnya, berbagai tempat umum harus ternodai dengan keberadaan pup anjing. Banyak anjing rumahan yang “tanpa dosa” melepas kotorannya di sembarang tempat. Dan, hal ini membuat jengkel masyarakat di sana.

walking dog

Di Belanda, terdapat sekitar dua juta anjing yang dipelihara. Dikutip dari Radio Netherland, saking besarnya populasi hewan ini sampai-sampai Pemerintah Belanda membuat aturan tentang kotoran anjing di tahun 1992. Dalam aturan itu, pemilik berkewajiban memungut kotoran anjingnya dan  meletakkannya di kantong plastik yang wajib disiapkannya sendiri. Selain itu, anjing mesti diberi rantai agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Sanksinya adalah denda bagi yang melanggar.

Hanya saja, aturan yang sudah berjalan 20 tahun itu masih jauh dari harapan yang diinginkan. Akhirnya, perselihan terjadi di antara pecinta dan pembenci anjing. Mereka bersitegang soal siapa yang bertanggung jawab jika pemilik anjing tidak mau membersihkan kotoran anjingnya.

Para pemilik anjing mengeluhkan sanksi denda padahal mereka juga telah membayar pajak anjing. Sementara itu, pembenci anjing tidak menyukai banyak kotoran anjing berserakan yang ditengarai bisa menimbulkan permasalahan kesehatan. Dan, pemilik anjing berpendapat, dengan membayar pajak anjing berarti gugur kewajiban untuk membersihkan kotorannya. Semua menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat.

Ada-ada saja permasalahan di Belanda. Soal pup anjing saja bisa menjadi isu yang meresahkan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda