Scroll to Top

Gempa Bumi Situbondo Terasa Hingga Bali, Tewaskan 3 Orang

By C Novita / Published on Thursday, 11 Oct 2018

gempa-situbondo_20181011_060426

Guncangan gempa bumi terjadi di wilayah Situbondo, Jawa Timur pada Kamis (11/10/2018) sekira pukul 01.57 WIB dini hari. Besaran gempa yang terasa hingga Bali dan sebagian besar Jawa Timur itu tercatat 6,4 skala richter menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

Gempa tersebut berpusat di laut dengan titik episentrum koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, jarak 55 km timur laut Kota Situbondo dan berkedalaman 12 km di bawah laut.

Untuk kerusakan dan korban yang ditimbulkan paska gempa bumi, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melaporkan dalam konferensi pers di kantor pusat BMKG bahwa jatuh korban jiwa sementara 3 orang tewas.

“Tiga orang meninggal dunia adalah Nuril Kamiliya dari Desa Prambanan, Gayam, Sumenep; H. Nadhar asal Dusun Jambusok, Desa Prambanan, Gayam, Sumenep serta satu orang yang masih diidentifikasi dari Desa Prambanan, Gayam,” ungkap Sutopo di Jakarta, Kamis, (11/10).

Walau berpusat di laut namun gempa bumi Situbondo  tidak berpotesi menimbulkan gelombang tsunami. Korban jiwa disebabkan oleh tertimpa reruntuhan bangunan saat sedang tidur.

untuk sementara, data masih dikumpulkan oleh pihak BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep namun tercatat hingga kini kerusakan rumah banyak terjadi di wilayah Sumenep, Madura.

Wilayah yang merasakan getaran gempa adalah Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang,  Kab. Malang, Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto.

 

Tagged as:

Komentar Anda