Scroll to Top

Nasib Julen Lopetegui di Real Madrid Ditentukan Usai El Clasico

By vratislav / Published on Thursday, 11 Oct 2018

Nasib Julen Lopetegui di Real Madrid Ditentukan Usai El Clasico

Posisi Julen Lopetegui sebagai pelatih Real Madrid masih aman hingga saat ini. Namun, sang juru taktik tidak akan bisa berbuat banyak jika timnya masih menuai hasil buruk di El Clasico melawan Barcelona yang akan digelar pada akhir bulan Oktober 2018 ini.

Julen Lopetegui memulai era baru di Real Madrid dengan masalah melimpah. Timnya tidak mampu mencetak gol dalam empat pertandingan terakhir. Untuk skuat sekaliber Los Blancos, dengan penyerang seperti Karim Benzema, Gareth Bale, Marco Asensio, hingga yang terbaru Mariano Diaz –salah satu pencetak gol subur di Liga Prancis musim lalu— ini adalah masalah besar.

Jelas ini bukan hal yang diharapkan oleh Florentino Perez, presiden Real Madrid. Apalagi, Perez mengandalkan Lopetegui untuk membawa tim meraih kesegaran baru, keluar dari era ketergantungan pada Cristiano Ronaldo yang memutuskan hengkang ke Juventus.

Lopetegui sendiri dianggap memiliki brand permainan menyerang yang mengagumkan. Dia juga bagus dalam melihat bakat pemain muda, sementara Madrid saat ini dihuni oleh para serdadu yang sudah termakan usia. Salah satu bukti adalah makin sering dimainkannya Dani Ceballos, yang di musim pertamanya bagai dibuang Los Blancos.

Tapi di sisi lain, dengan sepakbola atraktif Lopetegui, mesin gol Real Madrid macet. Mereka juga tidak melangkah di bursa transfer dengan memilih salah satu penyerang terbaik di Eropa untuk menggantikan Cristiano Ronaldo. Dilema ini sekarang ditanggung sendirian oleh Lopetegui.

Menurut AS, Lopetegui sebenarnya bukan pilihan pertama Florentino Perez. Sebelum mengontak dia, Perez sudah terlebih dahulu menawari Massimiliano Allegri, Antonio Conte, hingga Julian Nagelsmann. Namun, ketiganya menolak, sementara Lopetegui rela kehilangan posisinya sebagai pelatih timnas Spanyol menjelang Piala Dunia 2018 lalu.

Kini, Julen Lopetegui harus berhadapan dengan kenyataan. Sistemnya dinilai bermasalah meski masih terlalu awal untuk Real Madrid mengukur kualitasnya. Para petinggi klub masih memberi waktu, tetapi tidak jika sampai Madrid dikalahkan Barcelona di Camp Nou pada laga 28 Oktober mendatang. Jika sampai skenario terburuk yang lahir, hanya ada satu kata bagi Lopetegui: dipecat.

Komentar Anda