Scroll to Top

Ada Kemungkinan Bebas Wamil, BTS Tetap Ingin Berangkat Wajib Militer

By Ika / Published on Thursday, 11 Oct 2018

BTS

BTS disebut-sebut punya kontribusi besar di bidang musik, hal inilah yang membuat banyak orang menyarankan agar grup pelantun IDOL tersebut diberi hak istimewa dan dibebaskan dari wajib militer.

Masalah pengecualian wamil ini masih terus diperdebatkan dan menuai pro dan kontra di masyarakat. Sebagian berpendapat kalau BTS harus tetap berangkat wamil, sebagian lagi beranggapan kalau BTS boleh saja tidak wamil asalkan benar-benar punya kontribusi besar terhadap negara.

Kebijakan pembebasan wajib militer inipun jadi salah satu topik diskusi dalam sidang tahunan Majelis Nasional pada tanggal 10 Oktober kemarin. Politikus Cho Kyung Tae mengungkapkan bahwa perlu adanya perubahan dalam aturan negara terkait dengan wajib militer.

Menteri Do Jong Hwan dari Kementrian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata akhirnya buka suara dan menyampaikan pendapat BTS sendiri mengenai pengecualian wamil tersebut. Menurutnya, BTS bersikukuh akan berangkat wajib militer karena merasa kalau hal itu adalah kewajiban mereka sebagai warga Korea Selatan.

“7 member BTS sadar mengenai masalah yang berhubungan dengan wajib militer. Mereka berkata bahwa apapun yang terjadi mereka pasti akan berangkat wajib militer.”

Meski demikian, Menteri Do Jong Hwan menyampaikan bahwa masalah ini akan terus dibicarakan sambil tetap mempertimbangkan semua pendapat yang ada.

“Penghapusan dan berbagai pendapat lainnya akan dipertimbangkan dalam diskusi ini. Kami berencana (membuat keputusan) dengan alasan yang masuk akal. Kami akan melanjutkan diskusi dengan Administrasi Tenaga Kerja Militer dan Kementrian Pertahanan Nasional,” ujarnya.

Komentar Anda