Scroll to Top

Tak Apa Apa Makan Telur Setiap Hari, Ini Manfaatnya

By C Novita / Published on Tuesday, 16 Oct 2018

Telur rebus

Ada mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa makan telur setiap hari akan menimbulkan bisul. Ternyata ini tidak benar, karena nutrisi dalam telur tidak memicu bisul sebab terdiri atas protein, vitamin, dan mineral, juga kolesterol, vitamin larut lemak, dan asam lemak esensial.

Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan. Protein pada telur tergolong harganya paling murah namun kualitasnya tinggi. Dilansir laman BBC Good Food, telur juga kaya vitamin B2 yang ada pada putih telur.

Ada pula mineral selenium, vitamin D, B6, B12 juga mineral seng, besi, dan tembaga. Kalorinya juga cukup tinggi sebagai sumber tenaga bagi kita, terdapat di kuning telur.

Tak hanya itu, sebutir telur juga menyimpan vitamin larut lemak A, D, E, dan K juga lecitin, bahkan beberapa jenis diberi tambahan asam lemak omega 3.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasi di majalah Pediatric disebutkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi satu butir telur per hari, selama enam bulan akan terhindar dari stunting (tubuh tidak bertambah tinggi).

Ada pula zat bernama betaine dan kolin dalam telur yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Hal itu dilaporkan oleh sebuah studi di Cina yang menyatakan bahwa makan satu butir telur sehari akan menurunkan risiko mengalami sakit jantung dan stroke.

Kandungan vitamin D nya mencegah gejala osteoporosis dan rakhitis pada tulang. Kolin dalam telur baik bagi perkembangan otak janin dan anak-anak.

Tidak saja terbatas pada telur ayam, namun manfaat itu juga dapat ditemukan dalam telur puyuh, telur bebek, juga jenis unggas lainnya.

 

 

Komentar Anda