Scroll to Top

Jika Tak Ada Messi, Barca Cuma Peringkat 10 di Klasemen Liga Spanyol

By vratislav / Published on Tuesday, 16 Oct 2018

Kisah Sedih Lionel Messi, Gagal Juara di Piala Dunia Terakhirnya (1)

Jika tidak ada Lionel Messi, Barcelona hanya akan duduk di peringkat ke-10 klasemen Liga Spanyol. Demikian pendapat Angel Cappa, pelatih asal Argentina. Menurutnya, Messi sudah berkali-kali menyelamatkan klub Catalan dari kekalahan dan hasil buruk sepanjang musim ini.

Diego Maradona membuka perdebatan besar pekan ini, ketika ia berkata, Argentina tidak dapat memaksa Lionel Messi sebagai pemimpin. Pasalnya, Messi adalah sosok yang gugup dan tidak memiliki bakat untuk memandu rekan-rekannya di lapangan, meski memiliki kejeniusan dalam permainan.

Maradona mengistilahkan, Messi terbiasa masuk ke toilet 20 kali sebelum pertandingan, yang menunjukkan kegugupan La Pulga. Tekanan kepada sang bintang akan semakin berat jika dia harus mendapati ban kapten melingkar di lengannya seperti yang dirasakan saat ini.

Terkait hal tersebut, Cappa mengatakan kepada Radio Miter, “Saya setuju dengan Maradona. Anda tidak perlu mendewakan Messi. Dia pemain yang luar biasa indah, tetapi banyak yang sekadar berdasarkan masalah pasar semata.”

Menurut Cappa, aspek kepemimpinan berbeda dengan aspek kemampuan individual Messi, yang dinilainya demikian penting untuk Barcelona. Bagi sang pelatih, musim ini, pengaruh Messi untuk hasil pertandingan Barcelona semakin terasa saja.

“Tanpa dia, Barcelona hanya akan berada di 10 besar. Dia sudah menyelamatkan tim itu berkali-kali sepanjang musim ini.”

Jika melihat statistik, hingga pertandingan kedelapan Liga Spanyol, Messi membawa Barcelona ada di urutan kedua klasemen, kalah satu angka dari Sevilla. Messi berpartisipasi dalam 10 dari 19 gol yang diciptakan klub Catalan, dengan rincian enam gol dan empat assist.

Lionel Messi sendiri sejak Argentina tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2018 oleh Perancis, belum berlaga lagi bersama Albiceleste. Padahal, Rabu (17/10) ini, Argentina akan berhadapan dengan Brasil dalam laga yang disebut Super Clasico.

Komentar Anda