Scroll to Top

Ternyata Gizi Ikan Kembung Lebih Baik Dibanding Salmon

By C Novita / Published on Wednesday, 17 Oct 2018

kembung

Ikan kembung lebih banyak ditemukan di negara kita ini, ketimbang ikan salmon yang harus diimpor lebih dulu sehingga harganya jauh lebih mahal. Namun demikian, ternyata gizi dari ikan kembung lebih baik dari pada salmon.

Ikan kembung punya nutrisi berlimpah semisal protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, juga selenium lebih tinggi.

Anda tentu sudah mengetahui bahwa banyak artikel kesehatan yang membahas tentang pentingnya asam lemak omega 3 untuk pertumbuhan otak serta mata janin dan bayi. Bahkan bagi orang dewasa, zat itu membantu menyehatkan jantung.

Vitamin D dalam ikan kembung membantu serapan kalsium dalam pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat.

Menurut Direktur Pemasaran Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Machmud, ikan kembung menyimpan gizi yang tak kalah dari salmon.

“Ikan kita itu banyak sekali (contohnya ikan kembung). Tapi masyarakat masih belum menyadari gizi ikan-ikan lokal,” kata Machmud.

Karenanya ia menganjurkan masyarakat untuk ikut mensosialisasikan gerakan makan ikan demi meningkatkan kesehatan.

Ikan kembung banyak ditangkap pada musim puncaknya yakni sekira bulan April hingga Agustus, sementara saat bulan Desember hingga Januari adalah titik terendah keberadaan ikan berukuran tubuh langsing itu.

Di tanah air ikan kembung banyak dijumpai di perairan Selat Sunda seperti di Pulau Rakata, Rakata Kecil, Anak Rakata, Panaitan, Papole, Sebesi, Sebuku, Jongor serta Tanjung Lesung.

 

 

 

 

Komentar Anda