Scroll to Top

5 Efek Buruk Sering Mandi Malam Hari

By C Novita / Published on Wednesday, 17 Oct 2018

mandi

Kebiasaan mandi malam hari kerap dilakukan oleh pekerja yang pulang saat senja. Hal ini dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan Anda sendiri, utamanya jika mandi dilakukan memakai air dingin.

Berikut adalah efek buruk bagi kesehatan jika Anda sering mandi malam hari, dilansir laman Steemit, Selasa (16/10/2018):

Rematik

Ini tentu sudah sering Anda dengar saat orang tua melarang kita mandi malam hari, sebab dapat memicu penyakit rematik. Rematik sendiri merupakan penyakit autoimun yang menyerang sendi akibat terjadi peradangan sendi. Gejalanya adalah rasa nyeri di beberapa sendi, misalnya lutut atau tangan, juga sendi kaku sulit digerakkan saat pagi.

Asam urat

Asam urat terjadi saat zat purin diproduksi lebih banyak dan mengkristal di persendian. Akibatnya sendi juga terasa nyeri saat digerakan.

Demam

Saat malam hari, pori kulit akan melebar serta suhu tubuh naik. Jika Anda mandi di saat tersebut, maka risiko demam akan lebih besar terjadi.

Metabolisme terganggu

Jam biologis tubuh umumnya mengatur saat malam sebagai waktu istirahat. Karenanya tubuh cenderung melemah di malam hari, sehingga jika Anda mandi malam dengan air yang dingin maka sistem metabolisme tubuh akan terpengaruh dan terganggu.

Penuaan dini

Bahkan penuaan dini akan lebih cepat terjadi jika Anda sering mandi malam hari. Itu karena suhu dingin yang diterima membuat tubuh bekerja lebih keras untuk memasok oksigen dan kalori agar meningkatkan suhunya kembali. Akibatnya kulit jadi mudah keriput.

 

 

 

Komentar Anda