Scroll to Top

Waduh, Kebiasaan Minum Teh Panas Bisa Picu Kanker

By C Novita / Published on Thursday, 18 Oct 2018

minum teh

Minum teh panas akan terasa nikmat saat cuaca sedang dingin, hujan atau di malam hari. Akan tetapi hal ini jangan dijadikan kebiasaan, sebab sebuah penelitian mengungkap bahwa sering minum teh panas dapat memicu timbulnya kanker esofagus atau kerongkongan.

Penelitian tersebut dilakukan oleh profesor epidemiologi dan biostatistik di Peking University School of Public Health, dan sudah diterbitkan oleh Annals of Internal Medicine. Menurut studi itu, tidak hanya kebiasaan merokok serta minum alkohol saja yang dapat memicu kanker kerongkongan, namun juga minum teh panas.

Jika Anda biasa minum teh panas, minum alkohol, dan merokok, maka risiko naik 5 kali lebih besar untuk terkena kanker esofagus.

“Kami menemukan hubungan antara konsumsi teh suhu tinggi dengan risiko kanker esofagus tergantung pada konsumsi alkohol dan tembakau,” kata profesor Jun Lv , penulis dalam penelitian tersebut.

Penelitian tersebut mengambil data dari lebih 456.000 orang dewasa di China yang memiliki kebiasaan minum teh. Mereka para partisipan ini diminta untuk mengisi jawaban atas pertanyaan seputar kebiasaan minum teh, merokok serta minum alkohol.

Studi berjalan selama 9 tahun dengan melihat hasil akhir dari penelitian. Ilmuwan menganalisa perkembangan kanker esofagus pada peserta yang mengidap penyakit tersebut.

Hasil analisa memperlihatkan bahwa partisipan yang punya kebiasaan minum teh panas beresiko terkena kanker kerongkongan lebih besar. Ini makin parah jika mereka juga minum alkohol dan merokok.

Walau studi ini hanya bersifat observasional yang maknanya kaitan sebab akibat dari hal yang diteliti itu tak diungkap lebih lanjut, namun bisa jadi perhatian untuk kita.

Spekulasi para peneliti mengatakan bahwa suhu teh panas yang diminum akan merusak jaringan  yang melapisi kerongkongan. Itu memicu iritasi dan meningkatkan perkembangan sel abnormal yang menjadi kanker.

 

 

 

Komentar Anda