Scroll to Top

Jika Tubuh Kekurangan Kolagen, Ini yang Akan Terjadi

By C Novita / Published on Sunday, 21 Oct 2018

087947500_1507781857-1890086

Kolagen selama ini dikenal sebagai salah satu zat yang dapat membuat kulit terlihat lebih awet muda dan tak mudah keriput atau berkerut. Namun ternyata manfaat dari kolagen tidak hanya untuk kecantikan saja, akan tetapi juga untuk kesehatan tubuh secara umum.

Jika Anda kurang asupan kolagen, maka yang terjadi adalah rambut mudah rontok, kulit terlihat lebih kering, kuku jadi rapuh dan tidak sehat. Karenanya sangat disarankan bagi Anda, tidak saja kaum wanita namun juga pria, untuk makan makanan yang mengandung cukup kolagen.

Apa saja makanan dengan kandungan kolagen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh? Pertama adalah kaldu dari rebusan tulang hewan semisal sapi, kambing, ayam dan lainnya, yang kaya gelatin. Ini adalah zat yang dapat merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh.

Selanjutnya adalah biji-bijian serta kacang yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi rutin. Misalnya adalah kacang kedelai, kacang almond, kacang tanah, dan sebagainya.

Sumber kolagen lainnya adalah susu yang kaya protein, serta makanan olahan dari susu semisal keju atau yogurt.

Ikan dan berbagai jenisnya ada dalam daftar makanan yang kaya kolagen pula, demikian pula daging. Selain itu ada pula sayur serta buah yang mengandung banyak vitamin C. Ini adalah jenis vitamin yang memacu produksi kolagen pada tubuh.

Menurut Dermatologist dr. Indrawati Wijaya, SpKK, kosmetik yang diklaim mengandung kolagen sebenarnya hanya berperan sedikit dalam menjaga kelembaban kulit.  Lebih disarankan Anda untuk makan makanan yang kaya kolagen sebab pengaruhnya akan jauh lebih besar bagi kecantikan dan kesehatan.

Namun tak ada salahnya jika Anda ingin memakai jenis kosmetik tersebut, karena tetap bisa memberi efek positif jika cocok dengan jenis kulit Anda.

 

 

Komentar Anda