Scroll to Top

Awas, Ini Bahaya Tertawa Terlalu Keras

By C Novita / Published on Monday, 22 Oct 2018

tertawa

Tertawa dapat membantu mengurangi beban pikiran dan stres, juga merilekskan tubuh. Manfaat dari tertawa juga cukup banyak untuk kesehatan, baik psikis maupun fisik. Anda akan menjadi lebih bahagia dengan tertawa bersama orang lain.

Akan tetapi tertawa terlalu keras atau berlebihan tidak dianjurkan, karena malah akan membahayakan diri sendiri. Apalagi jika Anda sebelumnya sudah mengidap penyakit kelainan jantung, penyakit paru-paru dan beberapa jenis penyakit lain.

Akibat tertawa terlalu keras dapat merenggut nyawa Anda alias menyebabkan kematian. Dilansir laman Timesofindia, Senin (22/10/2018), terdapat kasus kematian 10 orang akibat tertawa berlebihan.

Bukan tertawanya yang berbahaya, melainkan reaksi tubuh yang terjadi akibat tertawa itu yang memicu bahaya.

Alasan dibalik fakta tersebut adalah; saat seseorang tertawa keras sekali maka penyakit jantung yang sebelumnya sudah diderita akan memicu serangan jantung.

Selain itu, Anda juga bisa mengalami kolaps, paru-paru tak berfungsi, hernia strangulata akibat otot perut yang lepas, stroke, rupture aneurisma otak dan kejang gelastik.

Tak hanya itu, risiko lain yang mungkin terjadi bila tertawa berlebihan adalah Cataplexy, yakni suatu kondisi seseorang tampak sadar namun otot tubuhnya tak bisa digerakkan.

Berlebihan saat tertawa juga bisa menyebabkan pingsan, atau sinkop akibat masalah di pernapasan. Ini terjadi saat Anda terlalu banyak kehilangan karbon dioksida dalam tubuh, sebab tak bisa bernapas dengan baik.

Mengingat efek buruk dari berlebihan tertawa atau terlalu keras tertawa, maka sebaiknya Anda mengendalikan dan mengontrol tawa dan emosi Anda agar tak terjadi berbagai hal buruk di atas.

 

 

 

 

Komentar Anda