Scroll to Top

Ini Manfaat 6 Jenis Buah yang Disebut Dalam Al Quran

By C Novita / Published on Monday, 05 Nov 2018

nuzulul_quran

Dalam kitab suci Al Quran, ada enam jenis buah yang disebut namanya. Tentu bukan tanpa makna buah-buahan tersebut sampai tertulis didalamnya. Akan tetapi, terlepas dari apapun penafsiran dari para ahli agama mengenai makna penyebutan buah tersebut dalam kitab suci, cendekiawan muslim tertarik untuk meneliti apa yang terkandung dalam buah-buahan tersebut.

Berikut ini beberapa hasil penelitian yang telah dipublikasi, perihal manfaat dari enam jenis buah yang namanya ada dalam Al Quran:

Buah tin/buah ara

Buah tin menjadi nama sekaligus disebut satu kali di awal Surah At-Tiin. Buah yang rasanya manis dan enak ini memiliki kandungan antioksidan tinggi. Dilansir laman Healthline, sebuah studi tahun 2005 menyebut bahwa buah tin juga kaya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi serta serat.

Manfaatnya baik untuk kesehatan dan kecantikan, penderita diabetes, dan membantu pengobatan penyakit kulit seperti eczema, vitiligo, dan psoriasis.

Kurma

Tidak sedikit penelitian yang meneliti apa nutrisi buah kurma. Buah ini disebut dalam Surat Maryam, Surah Al-Hasyr, Surah Al-Baqarah, dan Surah Qaaf. Kurma juga kaya antioksidan, Flavonoid yang bermanfaat menurunkan risiko diabetes, Alzheimer, dan penyakit kanker. Ada zat Karotenoid, phenolic acid, dan vitamin A, vitamin B5 serta serat juga kalori sehat.

Pisang

Buah ini tercantum dalam Surah Al-Waqiah. Nutrisi pada pisang yang paling terkenal adalah kalium dan magnesium, yang baik untuk kesehatan jantung. Serat dan kalorinya bisa membantu mengganjal perut yang lapar. Ada pula antioksidan dopamine dan catechin, yang membuat para tlet suka mengonsumsinya.

Anggur

Buah ini kaya antioksidan, polifenol, flavonoid, dan quercetin yang baik bagi kesehatan jantung. Sudah banyak dibuktikan manfaatnya untuk kesehatan serta kecantikan, termasuk menurunkan kolesterol jahat. Namanya terdapat dalam Surah Al-Mu’minun, dan beberapa surah lainnya. Total kita bisa menemukan 14 kali buah anggur disebut.

Zaitun

Zaitun banyak diolah menjadi minyak yang sangat sehat bagi jantung. Orang Eropa dam negara Barat serta Timur Tengah lebih memilih memakai minyak zaitun untuk makanan sehari-hari dan menghindari minyak kelapa sawit karena kurang sehat. Nama zaitun disebut beberapa kali dalam Surah An-Nuur, Surah Al-An’aam, Surah An-Nahl, Surah Al-Muminuun, dan Surah ‘Abasa.

Nutrisi yang disukai dalam minyak zaitun adalah vitamin E dan antioksidan. Hydroxytyrosol juga baik untuk kesehatan jantung. Ada pula Oleonalic acid yang mencegah kerusakan hati. Quercetin menurunkan tekanan darah. Masih banyak nutrisi lain yang menakjubkan dalam buah zaitun sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Delima

Buah ini ada dalam Surah Al-An’am 99. Nutrisi terbaiknya adalah antioksidan, serat, dan vitamin C. Antioksidan pada delima atau pomegranat bahkan lebih tinggi 3 kali lipat dari yang ada dalam buah anggur. Manfaatnya baik untuk mencegah risiko kanker prostat, kanker payudara, arthritis, darah tinggi, dan disfungsi ereksi. (Merdeka.com)

 

 

Komentar Anda