Scroll to Top

Anak Bisa Alami Diabetes Tipe 1, Ini Gejalanya

By C Novita / Published on Thursday, 08 Nov 2018

anak sakit

Walau tidak termasuk penyakit yang dapat menular dengan mudah, namun diabetes banyak dialami oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Saat ini, bahkan anak-anak pun bisa mengidap jenis penyakit diabetes tipe 1.

Apa yang dimaksud dengan penyakit diabetes tipe 1? Mengutip laman kesehatan WebMD Senin (5/11/2018), diabetes tipe 1 umumnya tidak disebabkan oleh gaya hidup tak sehat serta kegemukan (obesitas). Penyakit ini berbeda dari jenis diabetes tipe 2 yang banyak dialami oleh orang dewasa.

Anak-anak yang mengalami penyakit diabetes tipe 1, organ pankreas yang berada di sisi kanan perutnya tidak memproduksi insulin dalam jumlah cukup, atau bahkan tidak memproduksi sama sekali.

Padahal insulin penting bagi proses metabolisme tubuh, utamanya dalam mengubah glukosa yang berasal dari makanan dan minuman, menjadi energi atau tenaga. Juga menstabilkan kadar glukosa tubuh, termasuk menyimpan energi yang dihasilkan. Akibat dari kelainan itu, anak akan mudah mengalami kelelahan kronis serta pingsan.

Penyebab

Sampai saat ini masih belum bisa dipastikan apa penyebab dari diabetes tipe 1. Namun hal ini termasuk pada kelainan autoimun yang menyebabkan anak harus diberikan insulin sepanjang hidup.

Gejala

Bayi dan anak-anak yang mengalami kondisi diabetes tipe 1 harus diberikan penanganan tepat dan segera. Gejala yang tampak dan harus segera direspon oleh orang tua adalah napas bau, Ngantuk berlebihan, kelelahan, sering haus, makan banyak namun berat badan turun, mengompol, dan napas terengah-engah.

Penderita diabetes tipe 1 harus menerima insulin dalam waktu panjang, selama dokter menganjurkan.

 

 

 

Komentar Anda