Scroll to Top

Ini 8 Racun yang Ternyata Paling Berbahaya Dalam Rokok

By C Novita / Published on Friday, 16 Nov 2018

rokok

Rokok mengandung banyak sekali racun, itu sudah dipahami oleh masyarakat luas. Namun hal itu seperti tidak menakutkan bagi perokok sehingga kadang mereka abai dengan kondisi kesehatan orang lain dan dirinya sendiri serta masih saja nekat membagikan asap beracun kemana-mana.

Dalam satu batang rokok, ada sekira 600 bahan kimia yang tersimpan. Bila dibakar, maka reaksi dari bahan kimia itu makin ngeri karena berubah menjadi lebih dari 7.000 zat beracun. 70 diantara bahan tersebut dikatakan oleh ilmuwan dapat memicu kanker.

Dilansir laman lung.org, berikut adalah delapan jenis bahan kimia yang paling berbahaya dalam sebatang rokok, untuk Anda hindari. Ini daftarnya:

Nikotin

Bahan ini sudah banyak diungkap, sebagai yang paling berbahaya. Nikotin mampu memicu tekanan darah, menaikkan glukosa darah, detak jantung, dan bersifat adiktif atau ketagihan.

Acetaldehyde

Senyawa ini bersifat karsinogen atau zat penyebab kanker. Pada tingkat paling dasar, acetaldehyde menyebabkan iritasi pada kulit dan mata, serta saluran pernafasan.

N-Nitrosamines

Zat ini bertanggung jawab pada kerusakan alat reproduksi manusia alias menimbulkan impoten. N-Nitrosamines juga menimbulkan efek karsinogen.

1,3-Butadiene

Senyawa ini mengandung teratogen atau zat yang bisa membuat cacat pada janin dan manusia. Ia juga bersifat karsinogen, memicu iritasi pada mata dan telinga juga saluran pernapasan.

Benzene

Zat ini bersifat karsinogen dan berbahaya karena merusak tulang sumsum. ia juga merusak organ reproduksi serta menyusutkan jumlah sel darah merah.

Acrolein

Racun ini juga memicu kanker dan memiliki DNA mutagen. Tak hanya itu, juga menyebabkan penyakit jantung serta iritasi kulit dan saluran napas.

Aromatic amine

Zat ini dapat menimbulkan kanker pada organ tubuh pernapasan.

Polyaromatic

Racun ini juga berpengaruh pada kondisi alat reproduksi manusia, memicu impoten dan masalah lain. Tak hanya itu, juga bersifat karsinogen dan DNA mutagen.

 

 

 

Komentar Anda