Scroll to Top

Volkswagen Bakal Beralih Produksi Mobil Listrik Skala Besar

By C Novita / Published on Friday, 16 Nov 2018

logo-volkswagen-_181116150009-998

Pabrikan Volkswagen bakal beralih memproduksi secara massal mobil listrik di tiga lokasi pabriknya di Jerman.  Perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan mengumumkan bahwa mulai tahun 2022 pabrik di kota Emden hanya membuat kendaraan nol-emisi.

Demikian pula pabriknya yang ada di kota Hannover, bakal melakukan hal sama di tahun tersebut. Sebelumnya pabrik di Emden digunakan untuk produksi VW Passat, akan tetapi terkait skandal kecurangan emisi maka perusahaan tersebut mengubah strategi mereka.

Namun demikian VW tetap akan mempertahankan beberapa model mobil bermesin pembakaran, serta mobil dengan tenaga baterai namun fokus akan diubah kepada kendaraan listrik.

“Kami bergerak dengan kecepatan penuh ke dalam produksi kendaraan listrik. Emden dan Hanover akan menjadi pabrik model lebih lanjut di Jerman,” jelas anggota dewan Volkwagen, Gunnar Kilian, dilansir Reuters, Jumat (16/11).

Satu pabrik lagi berada di Zwickau yang akan menjadi jaringan besar produksi kendaraan listrik di Eropa, tambah Kilian dalam keterangannya.

Sebagai tindak lanjut dari rencana tersebut, Volkswagen akan memberi pelatihan pada 7.700 karyawan di Zwickau untuk merakit Volkswagen ID, mobil listrik pertama yang mereka produksi.

Setelah itu, 2028 karyawan di pabrik Emden dan Hanover menyusul dalam pelatihan dan produksi hingga tahun yang ditargetkan nantinya.

Untuk target dan perubahan tersebut, VW bakal menghabiskan 1,2 miliar euro (1,4 miliar dolar AS) dalam proses pelatihan.

Volkswagen sendiri berharap target kapasitas produksi harian sebanyak 1.500 mobil bisa tercapai pada akhir 2020 nanti, dalam bentuk enam model mobil listrik.

 

 

 

Komentar Anda