Scroll to Top

Ini Pengganti Mentega Untuk Teman Makan Roti Lebih Sehat

By C Novita / Published on Saturday, 17 Nov 2018

mentega

Mentega diketahui mengandung lemak jenuh tinggi sehingga kurang sehat bagi kesehatan, utamanya adalah kesehatan jantung. Padahal bahan dapur ini enak sekali disantap bersama roti saat sarapan.

Selain itu, beberapa orang menghindari mentega dengan alasan memiliki intoleransi terhadap kasein dan laktosa. Selain itu pengikut diet vegan pun tak dapat mengonsumsinya disebabkan berasal dari sumber hewani.

Nah, jika Anda sedang mencari alternatif yang lebih sehat dibanding mentega untuk teman makan roti atau camilan lainnya, berikut ini beberapa bahan penggantinya seperti dikutip dari laman Medical News Today:

Minyak Zaitun

Sebagai teman makan roti Anda bisa gunakan minyak zaitun. Minyak ini lebih sehat untuk memanggang roti atau membuat sandwich dan roti isi. Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya tinggi sehingga tidak berakibat naiknya kolesterol.

Ghee

Bahan ini adalah mentega yang dijernihkan, serta memiliki aroma seperti kacang. Anda bisa gunakan untuk membuat kue, atau makan roti dan memanggang daging steak.

Yogurt Yunani

Berbagai jenis yogurt sebenarnya bisa menggantikan mentega untuk makan roti. Rasanya agak asam namun sehat dan memiliki bakteri yang baik untuk pencernaan.

Alpukat

Beberapa resep salad atau roti isi dari Eropa menggunakan saus yang berasal dari alpukat untuk menggantikan mentega. Kandungan lemak lemak tak jenuh tunggalnya baik bagi jantung dan tidak menambah jumlah kolesterol.

Pisang yang Dihaluskan

Pisang yang dihaluskan juga lezat jadi teman makan roti. Ini seperti selai namun lebih segar dan bernutrisi tinggi.

Mentega Kacang

Versi yang kita kenal adalah selai kacang. Ini juga lezat dan sehat sebagai pengganti mentega yang kurang sehat. Bahkan kacang diketahui mengandung lebih banyak protein dan nutrisi lainnya.

 

 

Komentar Anda