Scroll to Top

Berapa Kali Kucing Harus Dimandikan Biar Tidak Sakit Kulit?

By C Novita / Published on Monday, 19 Nov 2018

kucing mandi

Jika Anda memiliki kucing atau anjing sebagai hewan peliharaan di rumah, maka tentu masalah kesehatan mereka juga perlu dipikirkan. Salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh kucing ataupun anjing adalah penyakit kulit.

Kedua hewan tersebut dikenal suka sekali berdekatan dengan manusia karena sifat manjanya, sehingga jika kondisinya tak sehat tentu bisa menularkan penyakit kepada si pemilik.

Lagi pula, Anda pasti lebih suka bila kucing peliharaan terlihat bersih, wangi dan tidak punya penyakit kulit bukan? Salah satu cara menjaga kesehatan kulit hewan peliharaan adalah dengan memandikan.

Menurut drh. Ayu Setiawati, veterinarian dari Jakpetz Vet Clinic, memandikan kucing maupun anjing tidak perlu terlalu sering. Bagaimana pun mereka adalah hewan yang tidak terlalu suka air.

“Tergantung sama kulit mereka, jika sehat sehat mereka cukup mandi satu kali sebulan, kecuali kalo kulitnya bermasalah ada yang bisa mandi seminggu sekali,” kata drh Ayu, dilansir okezone.com, Sabtu 17 November 2018.

Jika kucing peliharaan mengalami penyakit semisal jamuran, atau scabies serta infeksi, maka Anda harus memandikan dengan shampo yang mengandung obat. Anda bisa memperolehnya di pet shop terdekat, atau di dokter hewan langganan Anda.

“Infeksi kulit atau gatal gatal itu penyebabnya jamur dan tungau, karena kucing memiliki ringworm bisa menular pada manusia. Ada juga skabies, skabies itu gatal-gatal pada kulit,” jelas dia.

Jika yang dialami adalah jenis penyakit kulit yang parah, maka melalui pengobatan tertentu di dokter hewan hal itu bisa diatasi. Jadi jangan ragu untuk memandikan kucing atau anjing peliharaan sepekan sekali, dan membawanya ke dokteer hewan agar kesehatannya terkontrol.

 

 

 

 

Komentar Anda