Scroll to Top

9 Hal yang Terjadi Saat Tubuh Alami Kekurangan Vitamin D

By C Novita / Published on Wednesday, 21 Nov 2018

vitamin D

Walau tidak sepopuler vitamin A, B dan C, namun keberadaan vitamin D ternyata sangat penting bagi kesehatan psikis dan fisik manusia. Jika mengalami kekurangan unsur tersebut, tubuh juga akan terpengaruh dan menjadi tidak sehat.

Vitamin D mudah didapatkan oleh kita yang tinggal di wilayah tropis, namun akan jarang ditemui oleh orang yang tinggal di negara empat musim atau wilayah yang jauh dari garis equator. Hal itu disebabkan karena sinar matahari adalah unsur penting yang membantu tubuh untuk memproduksinya.

Saat tubuh terkena sinar matahari pagi, maka tiap reseptor sel tubuh menerima dan bekerja memproduksi vitamin D. Dengan vitamin itu sel tulang diperkuat, kekebalan tubuh juga diperkuat, bahkan jantung akan lebih sehat dengan vitamin tersebut.

Berikut ini gejala yang akan terjadi jika tubuh Anda kekurangan vitamin D, seperti dilansir laman Insider:

Flu berkepanjangan

Penyakit flu terjadi berkepanjangan dan sulit sembuh, akibat sistem kekebalan tubuh menurun. Vitamin D adalah salah satu unsur yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga mampu mengalahkan virus penyebab flu. Selain flu, Anda juga mudah mengalami penyakit pernapasan seperti bronchitis dan pneumonia.

Bad mood, sedih dan depresi

Siapa mengira jika penyakit psikis seperti depresi dan sedih berlebihan juga disebabkan oleh kekurangan vitamin D? Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan hal tersebut, utamanya bagi manula. Konsumsi suplemen vitamin D dapat mengatasinya, serta banyak berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Lelah berkepanjangan

Pernah merasa lelah walau tak melakukan apapun? itu salah satu gejala dari kekurangan vitamin D. Selain itu juga bisa muncul sakit kepala, dan energi tubuh yang rendah.

Sakit punggung

Kesehatan tulang, termasuk tulang punggung dipengaruhi juga oleh keberadaan vitamin D. Jika kekurangan, maka sudah pasti akan membawa dampak, termasuk terjadi sakit punggung.

Sendi nyeri

Persendian mudah nyeri usai melakukan aktifitas termasuk saat olahraga bisa jadi adalah karena Anda kekurangan mineral tersebut. Sendi termasuk bagian tubuh yang banyak membutuhkan vitamin D.

Otot sakit atau goyah

Otot yang lemah, goyah dan mudah nyeri terjadi karena sel saraf bernama nocicetros, mudah mengirim sinyal sakit ke otak. Sebabnya karena kekurangan mineral itu.

Rambut tipis dan mudah rontok

Gejala ini terlihat jika level vitamin itu jauh di bawah normal, termasuk terjadinya rakhitis atau tulang rapuh.

Jika Anda banyak beraktifitas dalam ruangan, kantor, kamar, kendaraan dan jarang terkena sinar matahari pagi, maka gejala tersebut bisa Anda alami.

 

 

 

Komentar Anda