Scroll to Top

Klasemen Grup B Piala AFF 2018: Indonesia Resmi Tersingkir!

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 21 Nov 2018

Evan Dimas

Klasemen Piala AFF 2018 Grup B tahun ini tidak memberikan keberuntungan pada Indonesia. Belum menyelesaikan semua laga fase grup, Hansamu Yama dkk sudah dipastikan tersingkir dari persaingan menuju semifinal lantaran jumlah poin mereka sudah tak mungkin lagi bisa memberikan perubahan terhadap persaingan di dua besar.

Harus diakui bahwa Indonesia bermain sangat payah dalam tiga laga fase grup ini termasuk kala menang dari Timor Leste. Persoalan pelik di kursi pelatih sebelum ajang dimulai tampak masih memberikan pengaruh signifikan bagi permainan tim dan itu semua dilanjutkan dengan kekalahan mengejutkan dari Singapura di laga perdana.

Sempat ada perbaikan dari sisi skor kala menghadapi Timor Leste, namun secara permainan Indonesia tidak bisa dibilang membaik. Puncaknya ketika mereka dibantai Thailand 4-2 yang membuat nasib lolos harus bergantung pada tim lain. Menjadi lebih sial karena keinginan melihat Filipina gagal meraih angka atas Thailand tidak bisa terwujud sehingga membuat Indonesia dipastikan tersingkir lebih dini.

Dengan hanya mengoleksi tiga angka, Bima Sakti harus mendapati timnya ada di urutan empat. Sedangkan Thailand dan Filipina ada di dua teratas dengan tujuh angka yang praktis sudah tidak bisa dikejar Indonesia lagi karena adanya jarak empat angka yang ada.

Namun demikian, Indonesia tentu tidak boleh merasa lemas ketika melakoni laga terakhir melawan Filipina hari MInggu nanti. Kemenangan tetap harus diburu demi memperbaiki harga diri sekaligus agar tidak semakin malu ketika menyudahi petualangan mereka di turnamen kali ini.

Berikut klasemen Piala AFF 2018 Grup B:

No.
Tim Mn Mg S K SG Poin
1 Thailand 3 2 1 0 12 – 3 7
2 Filipina 3 2 1 0 5 – 3 7
3 Singapura 3 2 0 1 7 – 2 6
4 Indonesia 3 1 0 2 5 – 6 3
5 Timor Leste 4 0 0 4 4 – 19 0

Komentar Anda