Scroll to Top

Jamur Punya Kans Besar Jadi Obat Kanker Manjur

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 24 Jan 2012

jamur

Jamur tidak hanya enak dimakan. Di balik lezatnya jamur ternyata menyimpan segudang manfaat yang berkhasiat untuk pencegahan dan pengobatan penyakit. Dalam pengobatan Cina, jamur kerap diresepkan untuk para pasien. Jamur dipercaya memberikan imunitas yang lebih baik yang menjadi modal awal dalam menangkal berbagai penyakit.

Studi terbaru yang termuat dalam jurnal Alternative and Complementary Therapies disebutkan, secara ilmiah ada bukti yang menunjukkan manfaat jamur untuk pengobatan kanker. Meski secara penelitian masih terbatas, bukti ilmiah yang telah dilakukan menunjukkan adanya perlambatan dalam perkembangan sel kanker sekaligus memperkuat kekebalan tubuh.

Peneliti menemukan senyawa bioaktif dalam jamur diduga punya peran sebagai antioksidan yang siap membunuh penyakit akibat radikal bebas. Beberapa jenis jamur yang diuji telah membuktikan hal ini. Contohnya, jamur tiran reishi dan shiitake yang mampu menekan laju kanker dan mematikannya.

Seperti dirilis RodaleNews, penelitian lanjutan terhadap jamur ini perlu dilakukan untuk melihat kombinasi terbaik dan komposisi yang tepat dalam melawan penyakit. Karena, pada ekstrak jamur yang diresepkan selama ini, menunjukkan perkembangan yang baik dari pasien yang mengonsumsinya.

Sebuah uji yang dilakukan pada obat yang berisi ekstrak berbagai senyawa jamur menunjukkan, terjadi penghentian penyebaran sel kanker payudara dan sel kanker prostat.

Sementara itu, kandungan AHCC (active hexose correlated compound) yang berasal dari jamur shiitake bisa dipakai untuk mengurangi efek samping kemoterapi. Selain itu, senyawa ini bermanfaat pula untuk mengusir virus flu. Dengan demikian, jamur berpeluang besar menjadi obat herbal yang bisa dipertanggungjawabkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda