Scroll to Top

Jika Sedang Pilek dan Batuk Baiknya Hindari 5 Makanan Ini

By C Novita / Published on Wednesday, 28 Nov 2018

batuk rejan

Saat musim hujan tiba umumnya banyak orang mengalami penyakit pilek serta batuk disebabkan menurunnya imunitas tubuh. Agar kondisi kesehatan kembali prima maka tentu Anda harus memperbaiki pola makan dan cukup istirahat.

Tidak semua makanan boleh dikomsumsi, sebab ada beberapa jenis makanan yang justru akan membuat kesehatan Anda memburuk. Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang pilek dan batuk? Berikut ini lima diantaranya seperti dilansir laman Food NDTV:

Yogurt

Fermentasi susu ini sebenarnya baik sekali bagi kesehatan utamanya saat tubuh sedang membutuhkan perhatian. Akan tetapi ini berbeda jika Anda sedang menderita pilek dan batuk sebab mengonsumsinya akan membuat produksi riak atau lendir makin banyak di leher dan saluran napas. Akibatnya Anda sulit bernapas karena tersumbat lendir.

Susu dan keju

Minum susu serta makan keju juga sebaiknya dihindari karena alasan yang sama seperti yogurt. Susu malah akan mengentalkan cairan mukus atau lendir hingga sulit dikeluarkan, juga memicu peradangan atau inflamasi.

Gorengan

Gorengan mengandung minyak dan lemak yang akan memperparah kondisi tenggorokan yang sedang sakit. Hasilnya sakit batuk Anda akan bertambah lebih parah lagi.

Minuman soda

Kandungan dari minuman bersoda adalah gula dalam jumlah besar, juga soda yang bisa memperparrah kondisi tenggorokan Anda. Ini bisa memicu iritasi pada tenggorokan yang sedang mengalami pilek dan batuk.

Buah yang asam

Berbagai buah yang banyak mengandung asam akan membuat tenggorokan lebih sakit. Memang kandungan vitamin dan mineral dibutuhkan saat sedang sakit, jadi Anda bisa memilih jenis buah yang tak banyak mengandung asam, misalnya pisang atau pepaya.

Hindari jenis makanan di atas hingga kondisi kesehatan lebih baik, dan pilek sert abatuk sembuh.

 

 

 

Komentar Anda