Scroll to Top

Tak Hanya Cantik, Bunga Tabebuya Juga Menyimpan Manfaat Untuk Kesehatan

By C Novita / Published on Wednesday, 28 Nov 2018

tabebuya

Kota Surabaya memiliki deretan jalan utama yang ditanamai pohon bunga tabebuya dan sedang berbunga dengan suburnya di akhir bulan November ini. Rumpun bunga berwarna merah muda dan putih itu sekilas tampak seperti bunga sakura dari Jepang. Tak heran jika warga Kota Pahlawan ramai yang berswafoto di sepanjang Jalan A. Yani serta Jalan Darmo, karena momen tersebut jarang terjadi.

Tak sekedar indah, bunga tabebuya menyimpan banyak manfaat pula untuk kesehatan. Dilansir laman Science Direct, bunga-bunga cantik tersebut sudah digunakan sejak jaman dulu terutama di wilayah Amazon sebagai bahan obat herbal.

Penyakit yang diklaim mampu disembuhkan oleh bunga tabebuya adalah sifilis, demam, malaria, infeksi menular, sampai masalah pencernaan.

Selain itu, laman Webmd juga menyebut jenis penyakit anemia, arthritis, asma, infeksi kantung kemih dan prostat, bronkitis, diabetes, diare, eksim, psoriasis, dan beberapa penyakit ringan lainnya.

hqdefault

Bunga yang nama latinnya adalah Tabebuia rosea ini memiliki nama lain taheebo, lapacho, pau d’arco, dan ipe roxo.

Bagian dari tanaman yang bisa dimanfaatkan adalah kulit kayu, daun serta bunganya. Misalnya untuk demam, maka mereka akan menyeduh kulit kayu serta daun tabebuya lalu airnya diminum seperti teh.

Hal itu diungkap dalam Gentry pada penelitiannya A Synopsis of Bignoniaceae Ethnobotany and Economic Botany, bahwa minuman itu bisa menurunkan demam.

Ada pula penelitian di Brasil yang menyebut manfaat anti-kanker pada kulit kayu tabebuya jenis Tabebuia impetiginosa, T. rosea, dan T. serratifolia.

Dalam studi tersebut dikatakan tabebuya memiliki banyak senyawa bioaktif seperti napthoquinones tertutama lapachol dan beta-lapachone. Zat bernama beta-lapachone sendiri pernah diajukan ke National Cancer Institute (NCI) pada 1970 akan tetapi karena kandungan toksisitasnya tinggi maka ditolak.

Namun hingga kini penelitian terkait tabebuya dan manfaatnya masih banyak dilakukan.

 

 

Komentar Anda