Scroll to Top

Tempe, Sumber Probiotik Sehat dan Murah Selain Susu

By C Novita / Published on Thursday, 29 Nov 2018

tempe

Jika Anda selama ini mengenal susu sebagai sumber probiotik, ternyata makanan murah dan lezat seperti tempe juga memiliki hal yang sama. Itu karena saat pembuatannya, tempe mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri baik.

Bahkan tempe lebih unggul karena bisa dikonsumsi siapa saja, termasuk anak-anak dan balita yang tidak bisa minum susu karena alergi. Ditambah keunggulan ekonomis berupa harga yang terjangkau, dibandingkan dengan produk susu.

Bagi kaum ibu yang sedang pusing hendak memilih makanan pendamping ASI (MPASI), tempe juga disarankan untuk diberikan pada bayi yang sudah siap mengonsumsi makanan lho.

Menurut Spesialis Anak Dr dr Ariani D Widodo, SpA(K), bakteri baik yang ada pada makanan hasil fermentasi baik untuk menyehatkan pencernaan anak. Penyebabnya karena kandungan probiotik yang terkandung di dalamnya.

“Makanan fermentasi seperti tempe mengandung banyak probiotik,” kata dr Ariani, di Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018) seperti dilansir okezone.com.

Namun cara penyajian seperti digoreng atau dimasak dalam suhu mendidih kurang baik sebab dapat menghilangkan probiotik di dalamnya. Padahal itu yang jadi alasan kita mengonsumsi tempe.

“Kalau anak diberikan tempe baiknya dipanaskan sebentar. Biar nutrisinya tidak hilang dan tetap ada manfaatnya,” tambah dia.

Untuk menambah selera makan, maka Anda bisa memotong kecil-kecil tempe, lalu dimasukkan dalam sayur yang sudah dimasak, misalnya sayur bening bayam dengan suhu masih panas. Dengan cara itu maka probiotiknya tidak hilang atau mati.

Selain tempe, ada lagi makanan yang berprobiotik yakni acar, miso, bubur susu, yogurt, dan keju, serta kimchi.

 

 

Komentar Anda