Scroll to Top

Ini Manfaat Angkat Berat Selain Untuk Perbesar Otot

By C Novita / Published on Thursday, 29 Nov 2018

Hasil Olimpiade 2016 Eko Yuli (Angkat Besi) Raih Medali Perak!

Olahraga angkat berat atau weightlifting umumnya dilakukan oleh orang untuk mendapatkan otot yang bagus dan besar. Namun selain manfaat tersebut, ternyata olahraga itu juga bisa membuat kesehatan jantung jadi lebih baik.

Sebuah penelitian mengungkap fakta tersebut usai analisa selama 10 tahun terhadap hampir 12.600 orang partisipan. Disimpulkan bahwa latihan ketahanan secara rutin setiap minggu berdampak positif dengan menurunnya kasus kejadian penyakit kardiovaskular.

Latihan ketahanan seperti angkat berat tersebut tetap berdampak pada jantung dengan menurunnya risiko penyakit jantung serta stroke walau dilakukan dalam porsi kecil.

Studi yang dilakukan oleh Duck-chul Lee dan tim pun menyatakan bahwa efek positif berlaku pula walau latihan hanya berlangsung satu jam tiap pekan.

Ahli Kardiologi dari Mount Sinai Riverside Medical Group Dr Alon Gitig seperti dilansir WebMD mengatakan ini dapat menurunkan kolesterol tinggi serta sindrom metabolik yang telah diketahu memperburuk kesehatan kardiovaskular.

“Meskipun berat badan Anda tidak turun (dengan angkat beban), Anda tetap mendapatkan manfaat untuk jantung,” kata Lee.

Olahraga ketahanan seperti angkat berat aman sekali dilakukan bahkan oleh wanita atau pria, selama kesehatan mereka memungkinkan. Jika mereka sudah menderita penyakit sebelumnya, maka disarankan untuk melakukan konsultasi lebih dahulu.

Push up, sit up serta lunges termasuk dalam jenis olahraga ketahanan yang baik untuk membentuk otot dan memelihara kesehatan jantung.

 

 

Komentar Anda