Scroll to Top

Wah, Ini Alasan Sikat Gigi Sebelum Tidur Sangat Penting

By C Novita / Published on Friday, 30 Nov 2018

gosok gigi usai makan bikin gigi rusak

Saat ngantuk sudah menyerang, terkadang ada rasa enggan untuk menyikat gigi sebelum tidur. Padahal membiasakan melakukan sikat gigi malam hari, menurut para ahli, penting bagi kesehatan Anda sendri. Membersihkan gigi di malam hari bisa mencegah berbagai masalah kesehatan di gigi, gusi, bahkan berbagai organ tubuh lainnya. Mengapa demikian?

Alasan paling logis dan mudah dipahaminya adalah, karena dengan membersihkan sisa makanan yang ada di sela gigi, gusi dan mulut sebelum tidur malam, maka pertumbuhan dan perkembangan bakteri di mulut dapat dihambat dan diminimalisir. Itu karena bakteri dan kuman menyukai sisa makanan yang membusuk di sela gigi, untuk tempat berkembang biak.

Dilansir health.com, jika mulut dan gigi kotor saat Anda tidur, perkembangan bakteri di mulut membuat risiko gigi berlubang, gigi keropos, dan karang gigi akan meningkat.

Selain itu, risiko bau mulut akan bertambah buruk. Menumpuknya sisa makanan yang membusuk di mulut akhirnya menjadi sumber berbagai penyakit. Bakteri dari mulut yang merajalela akan mempengaruhi kesehatan jantung, hati juga paru-paru.

Kemungkinan bakteri yang menyebar hingga memengaruhi kesehatan saluran pernafasan dan pencernaan sangat mungkin terjadi. Seperti kita tahu, bakteri mudah sekali terbawa oleh aliran darah, juga masuk ke pencernaan. Dari situ ia akan menyebar ke berbagai organ tubuh vital seperti jantung, paru, bahkan otak dan menyebabkan masalah kesehatan. Demikian ngerinya efek dari melewatkan sikat gigi malam hari, sehingga sebaiknya tidak ditinggalkan.

 

 

Komentar Anda