Scroll to Top

Jepang Mulai Ingatkan Rakyatnya Untuk Tidak Mengunduh Konten Ilegal

By Melissa / Published on Tuesday, 24 Jan 2012

Masalah SOPA/PIPA yang menerpa Amerika Serikat ternyata memiliki efek mendunia, meski peraturan tersebut telah ‘dibekukan’.

Unduh Konten Pemerintah Jepang pun kini memiliki proyek eksperimen untuk mencegah para pengguna internet di negaranya mengunduh konten ilegal melalui situs-situs berbagi konten.

Tindakan ‘berbagi konten’ sendiri sebenarnya sudah dianggap ilegal di Negeri Sakura ini sejak tahun 2010.

Pemerintah Jepang mengeluarkan surat pemberitahuan mengenai proyek eksperimen ini.

Surat itu menerangkan bahwa pihak pemerintah akan menaruh beberapa konten yang disamarkan dalam bentuk drama populer ke dalam situs berbagi konten lokal seperti Winny dan Share.

Proyek yang dilaksanakan tanggal 23 – 29 Januari 2012 ini akan mengejutkan para pengguna yang secara tidak sadar telah mengunduh konten-konten palsu tersebut.

Jika mereka membuka konten samaran yang baru saja diunduh, nanti akan muncul peringatan bahwa mengunduh dan mengunggah konten dengan hak cipta merupakan aktivitas ilegal di Jepang.

Setelah peringatan muncul, pihak pemerintah akan menelusuri siapa saja yang mengunduh konten tersebut. Namun masih belum jelas tindakan apa yang akan diambil terhadap pengguna tersebut apabila ia berhasil ditemukan oleh pemerintah.

Dalam melaksanakan proyek ini, pemerintah Jepang bekerjasama dengan NTT DoCoMo dan beberapa instansi pemerintah lainnya.

(via The Next Web, image via Master isolated images/FreeDigitalPhotos.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda