Scroll to Top

Juventus vs AS Roma: Pertarungan Dua Penguasa

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 24 Jan 2012

Daniele De Rossi's goal

Coppa Italia kadang dianggap sebelah mata oleh tim-tim besar Serie-A. Namun hal itu ternyata tidak berlaku bagi Juventus dan AS Roma yang akan bertemu dalam babak perempat final Coppa Italia, Rabu (25/1) pukul 02.45 WIB.

Baik Juve maupun Roma adalah penguasa Coppa Italia. Hingga kini, keduanya bersanding sebagai peraih gelar terbanyak dengan masing-masing sembilan trofi. Disusul oleh Inter Milan yang meraih tujuh trofi. Maka, tak heran jika pemenang lagan anti berpeluang untuk meninggalkan pesaing dalam urusan jumlah gelar.

La Vecchia Signora sedikit beruntung jelang laga nanti. Itu tak lain karena mereka akan berstatus sebagai tuan rumah. Musim ini, dari 10 laga kandang, Juve mampu memenangi 60% diantaranya. Sementara rekor tandang Roma musim ini cukup mengecewakan dimana mereka hanya mampu memenangi 44% dari sembilan laga tandang sejauh ini.

Selain itu, tuan rumah juga cukup diuntungkan dengan kondisi para pemainnya yang tidak terlalu bermasalah. Praktis, hanya Fabio Quagliarella yang akan absen karena mengalami cedera.

Sedangkan Il Lupi harus kehilangan Marco Cassetti, Pablo Osvaldo, dan juga kemungkinan Daniele De Rossi yang menderita cedera paha.

Namun, haram bagi Juve untuk berleha-leha. Permainan Roma yang semakin berkembang sejauh ini adalah pertanda bahwa mereka harus mewaspadai tim ibukota tersebut. Terakhir, Roma membantai Cesena 5-1 dan mampu unggul 3-0 ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit.

Apalagi Juve memiliki kenangan pahit musim lalu ketika bersua Roma di ajang yang sama. Bermain di kandang sendiri, Juve harus takluk dan tersingkir karena kalah dua gol tanpa balas dari Roma.

“Roma telah melakukan pekerjaan yang bagus. Mereka telah memiliki identitas permainan untuk menggapai kemenangan. Luis Enrique telah melakukan pekerjaan yang brilian,” sanjung pelatih Juve, Antonio Conte.

Lain itu, Juve harus mewaspadai sosok Francesco Totti yang baru saja memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Italia hanya dengan satu klub.

“Apa yang dilakukan oleh Francesco sangat luar biasa. 211 gol hanya dengan satu tim, dan ia layak mendapatkannya,” kata Alessandro Del Piero yang merupakan sahabat Totti.

Yang menarik lagi tentu adalah bakal ketatnya pertarungan di lini tengah kedua tim yang sama-sama memakai pakem tiga gelandang. Juve memiliki Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, dan Arturo Vidal. Sementara Roma akan dikomandoi oleh Miralem Pjanic, Fernando Gago, dan Fabio Simplicio.

Well, sayang tentunya untuk melewatkan pertandingan antara dua raja Coppa Italia ini.

Perkiraan susunan pemain:

Juventus (4-3-3): 1. Gianluigi Buffon; 26. Stephan Lichtsteiner, 15. Andrea Barzagli, 19. Leonardo Bonucci, 11. Paolo De Ceglie; 21. Andrea Pirlo, 8. Claudio Marchisio, 22. Arturo Vidal; 7. Simone Pepe, 10. Alessandro Del Piero, 23. Marco Borriello. Pelatih: Antonio Conte

AS Roma (4-3-3): 24. Marten Stekelenburg; 11. Rodrigo Taddei, 44. Simon Kjaer, 4. Juan, 3. Jose Angel; 19. Fernando Gago, 30. Fabio Simplicio, 15. Miralem Pjanic; 10. Francesco Totti, 8. Erik Lamela, 14. Bojan Krkic. Pelatih: Luis Enrique

Head to head:

13-12-2011: AS Roma 1-1 Juventus

04-04-2011: AS Roma 0-2 Juventus

28-01-2011: Juventus 0-2 AS Roma

14-11-2010: Juventus 1-1 AS Roma

24-01-2010: Juventus 1-2 AS Roma

Prediksi SidomiNews: Juventus (35%) Draw (30%) AS Roma (35%)

Update skor: Juventus vs AS Roma 3-0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda