Scroll to Top

Ubuntu Linux Akan Mengganti Menu Bar Dengan HUD

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 25 Jan 2012

Ubuntu Linux adalah salah satu dari sekian banyak distribusi Linux yang bertebaran di luar sana, Ubuntu dikenal karena kepopulerannya sebagai distribusi yang mudah digunakan, memiliki dukungan banyak software, sifatnya yang plug n play layaknya Windows dan sebagainya.

Ubuntu Linux

Beberapa rilis lalu, Ubuntu juga sempat menuai kehebohannya, apalagi kalau bukan dengan penggunaan user interface baru miliknya, yaitu Unity yang menggantikan user interface yang dulunya lekat dengan Ubuntu yaitu GNOME 2. Canonical sebagai perusahaan pengembangnya juga senang membuat inovasi terhadap Ubuntu, mungkin yang baru-baru ini adalah Ubuntu TV besutan mereka, atau juga Ubuntu yang dijanjikan hadir dalam bentuk tablet dan smartphone.

Dan untuk distribusinya sendiri, Canonical akan mengganti lagi user interface dari Ubuntu terbaru nanti, dengan fitur bernama HUD (Head-Up Display). Mark Shuttleworth, bos besar Canonical mengatakan, menu bar biasa di Ubuntu Linux terkadang merepotkan pengguna, di mana pengguna sering kali lebih menghabiskan waktunya untuk mencari-cari, lalu baru mengklik menu yang dibutuhkan.

Dengan fitur HUD ini, pengguna cukup mengetikkan kueri apa yang akan dicari atau digunakan, sebagai contoh, misalnya pengguna ingin membuka Firefox, maka cukup ketik “firefox” di HUD ini dan Firefox akan langsung terbuka, dan bisa juga untuk fitur lainnya. Coba lihat fitur HUD ini beraksi dengan video di bawah ini:

Nah, mungkin anda yang belum pernah mencoba sistem operasi selain Windows atau Mac OS X jadi tertarik menggunakan Ubuntu ini? Atau anda pengguna distribusi non-Ubuntu menjadi tertarik menggunakannya?

(via SiliconFilter)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda