Scroll to Top

Daratan Termuda di Dunia Ini Sudah Bisa Dikunjungi

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 25 Jan 2012

pulau baru laut merah

Sebuah daratan baru terbentuk di muka bumi ini. Daratan ini terbentuk akibat erupsi gunung api di Laut Merah yang membuat lapisan tanah terangkat hingga di atas permukaan laut. Jadilah sebuah daratan yang masih “perawan” karena belum ada satu pun manusia yang menjejakkan langkah di pulau kecil ini.

Sebenarnya pulau ini terdeteksi pertama kali pada 23 Desember lalu. Berbekal pantauan dari satelit NASA EO-1 yang memiliki fitur The Advanced Land Imager (ALI), NASA Earth Observatory berhasil menemukan keganjilan di sekitar Laut Merah ini. Ternyata perkembangan daratan belum selesai. Pada 7 Januari 2012, tercatat daratan tersebut meluas hingga akhirnya menjadi permanen pada 15 Januari 2012.

Sementara itu, vulkanolog Haraldur Sigurdsson mengatakan, ini sebuah bukti adanya lempeng di bawah Laut Merah. Diperkirakan cukup banyak terjadi aktivitas vulkanik selama ini. Dan, munculnya daratan baru dipercaya akibat letusan vulkanik gunung.

Dikutip dari National Geographic, vulkanolog dari University of Rhode Island itu juga menyampaikan ada potensi wisata baru dengan hadirnya daratan ini. Turis akan disuguhi daerah yang masih alami, kasar, tandus, dan belum berpenghuni.

Daratan tersebut menjadi bagian Kepulauan Zubair. Kalau mau mendatanginya, bisa menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer dari Yaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda