Scroll to Top

Barcelona vs Real Madrid 2-2: Duel Panas Hingga Menit Terakhir

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 26 Jan 2012

Barcelona menjamu Real Madrid di second leg Copa del Rey. Berbekal kemenangan 1-2 pada Kamis, 19 Januari 2012, El Barca cukup percaya diri melakoni laga ini. Sementara, Real Madrid yang kerap dikritik dalam beberapa laga terakhir di El Clasico, datang dengan ambisi penuh mencetak 2 gol tanpa balas.

Niatan penonton untuk menikmati El Clasico yang sedikit berimbang, hidup ketika Jose Mourinho menurunkan duet Mesut Ozil-Ricardo Kaka di starting line-up. Pada awal-awal laga, Real Madrid seolah bosan untuk bermain bertahan.

Yang cukup mengejutkan, Pepe diturunkan sebagai bek tengah. Sebuah kepercayaan luar biasa dari The Special One kepada pemain yang tengah disorot publik. Hasilnya, setiap Pepe menyentuh bola siulan tak suka selalu hadir di Camp Nou.

Barcelona vs Real Madrid 2-2 (1)

Gonzalo Higuain langsung membuka dua ancaman untuk penjaga gawang kedua Barcelona, Jose Manuel Pinto, di awal-awal pertandingan. Menit ke menit berikutnya, El Barca mulai memegang kendali permainan.

Barcelona membuka skor di menit 42. Lionel Messi dengan cantik melewatkan bola dari tiga pemain Madrid sebagai umpan nyaman kepada Pedro Rodriguez. Pemain yang pada tahun 2009 mencetak gol di enam kompetisi berbeda, tak kesulitan untuk membobol gawang Iker Casillas. 1-0.

Real Madrid harus menang, namun mereka semakin terkubur di babak pertama. Pelanggaran Lassana Diarra terhadap Lionel Messi di ujung babak pertama berbuah tendangan bebas. Jose Mourinho sudah mewanti-wanti agar pasukannya tak terbobol lewat set pieces. Namun, kali ini hal ini kembali terjadi.

Meskipun tak mutlak, bola sapuan pemain Madrid mental ke arah Dani Alves yang melepaskan tendangan roket ke sudut jauh gawang Iker Casillas. Skor 2-0 cukup membawa Cristiano Ronaldo dkk. berjalan ke ruang ganti dengan wajah suram.

Barcelona vs Real Madrid 2-2

Real Madrid sempat mencetak gol pada menit 52. Tendangan bebas Xabi Alonso disambut oleh tandukan Sergio Ramos dan Jose Manuel Pinto tak mampu membendung bola.  Namun, wasit menganulir gol karena Sergio Ramos dianggap mendorong Dani Alves.

Jose Mourinho sang ahli strategi, memasukkan Jose Callejon untuk mengganti Kaka dan Karim Benzema untuk Higuain. Hasilnya ampuh, Real Madrid lebih banyak menguasai bola.

Gol akhirnya datang dari Cristiano Ronaldo. Umpan terobosan Mesut Ozil di menit 67, dengan cantik dimanfaatkan CR7 untuk melewati hadangan terakhir Pinto dan inilah gol kelima Ronaldo di El Clasico; atau gol kedua dalam dua laga terakhir.

Real Madrid sukses menyamakan kedudukan melalui Karim Benzema. Memanfaatkan sapuan tak sempurna Gerard Pique yang tersundul Jose Callejon, Karim Benzema melewatkan bola dari Carles Puyol sebelum melepaskan tembakan yang tak bisa diamankan Pinto di menit 71.

Setelah sempat tak terkena kartu merah dalam empat laga terakhir, akhirnya pemain Real Madrid kembali mendapatkan hal ini. Sergio Ramos yang diduga menyikut muka Sergio Busquets, menerima kartu kuning kedua di menit 88.

Barcelona sukses mengamankan skor dan lolos ke semifinal. Real Madrid mungkin tersingkir dengan agregat 3-4. Namun, mereka memiliki mental yang baik untuk laga berikutnya di Camp Nou, April 2012 mendatang. Sekaligus, membuktikan, mereka bisa tampil lebih menyerang.

Real Madrid: Iker Casillas, Alvaro Arbeloa, Pepe, Sergio Ramos, Fabio Coentrao; Lassana Diarra (Esteban Granero ’52), Xabi Alonso, Kaká (Jose Maria Callejon ’60), Mesut Özil, Cristiano Ronaldo; Gonzalo Higuaín (Karim Benzema ’60)

Barcelona: Jose Manuel Pinto; Dani Alves; Gerard Piqué, Carles Puyol; Eric Abidal, Busquets, Xavi, Iniesta  (Pedro Rodriguez ’26); Cesc Fabregas (Thiago Alcantara ’69), Lionel Messi, Alexis Sanchez (Javier Mascherano ’78)

Barcelona vs Real Madrid 2-2 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda