Scroll to Top

Pesan Paus Benediktus XVI Tentang Media Sosial

By Melissa / Published on Thursday, 26 Jan 2012

Paus Benediktus XVISelasa kemarin (24/1), bertepatan dengan Hari Komunikasi Sedunia, Sri Paus Benediktus XVI menyampaikan pesannya tentang media sosial.

Inti dari pesan tersebut adalah keseimbangan antara mendengar dan berbicara.

Paus mengatakan akhir-akhir ini proses komunikasi dipicu oleh banyaknya pertanyaan yang segera membutuhkan jawaban.

Beliau juga berpendapat bahwa mesin penelusur dan jejaring sosial juga mulai beranjak menjadi titik awal komunikasi untuk mencari saran, ide, informasi dan juga jawaban.

“Sekarang ini, internet telah menjadi suatu forum yang dipenuhi pertanyaan dan jawaban. Orang-orang bahkan mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang tidak mereka tanyakan dan menerima pendapat atas kebutuhan yang tidak mereka sadari.

Jika kita berusaha mengenali dan fokus pada pertanyaan yang benar-benar penting, maka keheningan adalah aspek yang berharga agar kita dapat benar-benar mengetahui kebutuhan kita di balik banyaknya data yang kita terima.”

Dalam pesannya tersebut, Paus juga menyampaikan pendapatnya mengenai jejaring sosial yang biasanya dipakai untuk berkomunikasi salam bentuk pesan pendek:

“Buah pemikiran yang mendalam pun dapat dikomunikasikan dalam bentuk kalimat-kalimat singkat, lebih singkat dari ayat Alkitab, selama mereka yang ikut andil dalam percakapan tersebut tidak lalai untuk mengembangkan kehidupan batin mereka sendiri.”

Paus sendiri bukan orang yang anti teknologi. Dalam masa kepemimpinannya, Vatikan telah meluncurkan kanal YouTube, aplikasi iPhone dan situs portal.

Beliau juga mengirimkan tweet pertamanya melalui iPad dan baru-baru ini menggunakan tablet Android untuk menyalakan pohon Natal.

(via Mashable, gambar via Wikipedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda