Scroll to Top

Rakyat Korut Yang Memakai HP Selama Periode Berduka Akan Dihukum Berat

By Melissa / Published on Friday, 27 Jan 2012

Dilarang Menggunakan HPMeski sebelumnya Korea Utara terlihat semakin membuka diri terhadap teknologi, namun peraturan terbaru di negara tersebut menunjukkan hal sebaliknya.

Pemerintah Korea Utara memperingatkan bahwa siapa pun yang diketahui menggunakan telepon genggam selama periode berduka 100 hari meninggalnya Kim Jong-il akan dihukum sebagaimana layaknya “penjahat perang”.

Tindakan keras ini merupakan keputusan dari Kim Jong-un yang meneruskan kepemimpinan ayahnya.

Telepon genggam merupakan alat komunikasi penting di Korea Utara karena keberadaan internet sangat dibatasi untuk beberapa kalangan saja.

Namun, Korea Utara memiliki jaringan Intranet bernama “Kwangmyong” yang berisi 1300 – 5500 laman informasi dari departemen pemerintahan.

Penggunaan telepon di Korea Utara sudah mengalami peningkatan meski hanya 1,1 juta orang (kurang dari 5%) dari total 24,5 juta penduduk yang memiliki telepon rumah.

Penggunaan jaringan 3G sendiri baru dinikmati oleh 700.000 penduduk.

Banyak rakyat Korea Utara yang membelot dari pemerintah dan meninggalkan negaranya secara ilegal melalui perbatasan di Cina menuju Korea Selatan atau negara tetangga lainnya untuk mencari kehidupan baru.

Diperkirakan saat ini ada sekitar 23.000 rakyat Korea Utara yang tinggal di Korea Selatan.

Peristiwa kematian Kim Jong-il sendiri membuat Korea Selatan meningkatkan keamanannya untuk mengantisipasi kemungkinan ‘serangan maya’ dari Korea Utara.

Korea Selatan memiliki hukum khusus untuk menindak rakyat mereka yang menunjukkan dukungan terhadap rezim Korea Utara, terutama setelah situasi semakin ‘memanas’ dengan ditemukannya 44 situs yang aktif mendukung Korea Utara.

(via The Next Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda