Scroll to Top

Penipuan Baru Facebook: Bagi-bagi iPad 3

By Ibnu Azis / Published on Friday, 27 Jan 2012

Penipuan Baru Facebook

Pengguna Facebook yang padat, mengundang penjahat cyber semakin memutar otak untuk memanfaatkan potensi ini. Facebook yang diramal akan berpenduduk 1 milyar pengguna pada Agustus nanti, menjadi obyek cyber bullying menggiurkan bagi penjahat internet.

iPad adalah salah satu dari gadget yang paling diminati oleh pencinta teknologi. Iming-iming komputer tablet telah disebar di Facebook dengan dalih bagi-bagi iPad 3 yang diduga memiliki modus untuk mencuri data pengguna.

“Modus email dari Facebook adalah gaya baru dalam spam. Konsep ini menggunakan iPad 3 sebagai obyek pemantik. Pengirim menegaskan penerima email agar menghubungkan email tersebut dengan Facebook. Dan disitulah celah keamanam yang coba mereka tembus,” tegas pihak Symantec pada laman resminya.

Pihak Symantec mengatakan jika ekspektasi pengguna Facebook akan iPad 3 sangat tinggi. Padahal gadget ini belum terdengar kabar jika pihak Apple akan segera meluncurkannya. Ini yang mereka tembak. Rasa keiingin tahuan pengguna Facebook.

Straits Times mengabarkan, pada email tersebut bahkan menggunakan founder Facebook langsung dalam mengecoh korban. Signature Mark Zuckerberg disematkan untuk memikat rasa keiingintahuan akan iming-iming iPad 3.

Imbasnya, korban akan menklik tautan yang disematkan pada email ini. Tautan tersebut adalah tautan jahat. Dan mengandung phising attactk. Sebab URL yang disematkan akan mengarah ke laman baru yang tidak mereka duga.

Symantec menegaskan agar pengguna Facebook lebih berhati-hati dalam menerima sebuah email yang mengatasnamakan Facebook atau Mark Zuckerberg. Senantiasa waspada dan sigap dalam setiap tautan URL yang memberikan iming-iming hadiah. Termasuk iPad 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda